Viral di TikTok, Dokter Jelaskan Alasan Jangan Tidur Tanpa Busana

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 30 Sep 2021 19:30 WIB
womans legs on bed Foto: Getty Images/iStockphoto/MARIOS07
Jakarta -

Saat beristirahat tentu semua orang akan memilih suasana yang paling nyaman. Baju tidur yang bahannya ringan dan lembut pun banyak dipilih untuk menemani tidur nyeyak. Tapi tak sedikit pula yang lebih suka menanggalkan busana bahkan tidur telanjang. Baru-baru ini seorang dokter membahasnya dan memberi alasan untuk jangan melakukannya. Mengapa?

Setiap orang punya preferensi masing-masing terkait kenyamanan saat tidur. Tapi Dr. Anthony Youn yang sering berbagi tips kesehatan di TikTok menyarankan agar kamu tak sampai tidur telanjang. Dalam video berjudul 'Mengapa kamu seharusnya jangan tidur tanpa dalaman' ia menjelaskan bahwa meski lebih adem hal itu justru tidak higienis.

Dokter yang sering viral di TikTok ini menjelaskan jika kebiasaan orang buang angin saat malam adalah penyebabnya. "Kebanyakan orang buang gas 15 sampai 25 kali dalam sehari dan ini bisa terjadi ketika kamu tidur. Studi ilmiah membuktikan setiap kali kamu kentut kamu menyebarkan sedikit material tinja," ujarnya.

Karena itu, dokter asal Amerika Serikat ini menyarankan orang-orang untuk paling tidak mengenakan celana dalamnya ketika tidur. "Dan pada studi yang sama menunjukkan pakaian dalammu bisa menangkap partikel-partikel itu. Jadi demi pasangan tidurmu, tolong pakai pakaian dalam," kata dr. Youn.

Banyak orang yang baru mengetahui informasi ini dan khawatir dengan kebersihan kasur mereka. Tapi tak sedikit yang justru tidak mempercayainya. Beberapa wanita mengatakan jika tidur tanpa pakaian dalam justru disarankan.

Youn sendiri telah menambahkan penjelasannya di kolom komentar di YouTube. "Untuk wanita, jika ginekologmu menyarankan untuk tidur tanpa pakaian dalam maka dengarkanlah dia. Untuk pria, gunakan pakaian dalam sebelum tidur," tulisnya.

Reaksi netizen pun beragam. "Aku menyukaimu dr. Youn tapi ketika aku di tempat tidur pakaian dalam adalah urusanku," "Aku tidak pernah tidur telanjang karena takut suatu waktu kebakaran dan aku harus lari tanpa busana," "Tapi aku tidak punya pasangan tidur," tulis mereka.

(ami/ami)