5 Jenis Olahraga Otak Sederhana yang Bisa Dilakukan di Rumah, Bikin Cerdas!

Tim Beautynesia - wolipop Selasa, 24 Agu 2021 17:49 WIB
Portrait of young smiling woman wearing suit sitting at home office desk in front of laptop, stretching with enjoyment after the work is done, looking at screen with happy expression Olahraga otak agar cerdas. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Olahraga bukan hanya sekadar untuk menurunkan berat badan atau menghindari penyakit. Kamu juga bisa melakukan olahraga untuk otak agar menambah kecerdasan. Apa saja jenis olahraga otak sederhana?

Melakukan olahraga otak saat di rumah saja selain bisa membuat cerdas anti lemot juga dapat menghilangkan stres. Seperti membaca buku yang termasuk jenis olahraga otak sederhana. Olahraga otak ini selain membuat relaks juga menambah wawasan.

Berikut jenis olahraga otak sederhana yang bisa dilakukan di rumah:

1. Main Alat Musik

Bermain alat musik ternyata bukan cuma membuat kamu merasa bahagia dan menjauhkan dari stres. Tapi, bermain alat musik juga bisa menjadi sarana olahraga otak yang membuat pikiran jadi lebih cerdas. Bahkan, ada penelitian yang mengatakan jika alat musik bisa melatih kemampuan sensoris dan persepsi pendengaran kamu.

Young Asian loving couple playing guitar in the park, outdoorsOlahraga otak salah satunya main alat musik. Foto: Getty Images/iStockphoto/Six_Characters

Bukan cuma itu, bermain musik juga meningkatkan kemampuan koordinasi fisik dan menambah daya ingat. Tidak perlu mencoba memainkan lagu yang terlalu sulit. Cobalah untuk konsisten memainkan lagu sederhana beberapa hari hingga kamu jadi lebih jago dalam memainkan alat musik tersebut.

2. Membaca Buku

Membaca buku ternyata bisa menimbulkan serangkaian hal kompleks di dalam otak kita. Saat membaca, kita akan dituntut untuk bisa mengikuti alur cerita dengan membayangkan dan memahami isi buku tersebut. Otak kita akan bekerja lebih konstan saat melakukan proses ini.

Lalu ketika sebuah chapter selesai kita baca, kita akan mengambil kesimpulan dan melakukan analisis sederhana dari apa yang kita baca. Tentunya, hal ini melatih kemampuan kita untuk melihat problem dan solusi serta kesimpulan yang bisa ditarik.

3. Belajar Bahasa Asing

Belajar bahasa asing juga bisa menjadi sarana olahraga otak yang bikin kamu lebih cerdas. Kamu bisa mulai belajar bahasa dari lagu yang sering kamu dengar di rumah, lalu berkembang ke film yang sering kamu tonton selama di rumah.

Saat ini, kamu bisa belajar bahasa secara otodidak dengan lebih mudah karena sudah banyak video Youtube atau website yang memang menyediakan jasa untuk belajar bahasa asing.

Apalagi jenis olahraga otak sederhana yang bisa dilakukan di rumah? Teruskan membaca dengan KLIK DI SINI.



Simak Video "Deretan Kontroversi yang Iringi Kesuksesan Squid Game"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)