Cara Membuat Otak Cerdas dan Kreatif, Lakukan 5 Kegiatan Simpel Ini

Tim Beautynesia - wolipop Selasa, 10 Agu 2021 21:00 WIB
Teenage girl studying and drinking juice sitting on sofa at home Cara membuat otak menjadi cerdas. Foto: Getty Images/Igor Alecsander
Jakarta -

Apakah merasa otak kamu belakangan kurang prima untuk berpikir? Coba lima cara membuat otak cerdas dan kreatif berikut ini.

Otak termasuk salah satu organ vital dalam tubuh. Jika kondisinya buruk maka bisa menyebabkan masalah pada berbagai organ dan memengaruhi kegiatan sehari-hari. Otak berperan sebagai pusat kendali tubuh dan menyusun sistem saraf pusat bersama dengan saraf tulang belakang.

Sehingga dengan otak yang prima, maka kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berjalan, berbicara, bernapas, makan, minum, bergerak dan lainnya. Salah satu cara menjaga kesehatan otak adalah melakukan berbagai kebiasaan yang bisa membantu otak tetap prima.

Berikut lima cara membuat otak cerdas dan kreatif:

1. Belajar Hal yang Baru

Kebiasaan pertama yang bagus untuk meningkatkan kecerdasan adalah belajar hal yang baru. Saat belajar hal baru, maka otak akan membangun koneksi antara neuron, serta mengganti beberapa neuron yang hilang.

Selain meningkatkan kecerdasan, belajar hal baru juga bisa mengembangkan pola pikir yang lebih baik, mendorong ketekunan dan ketahanan. Sehingga kamu bisa lebih siap menghadapi kegagalan dan keberhasilan.

2. Tidur yang Cukup

Jangan sepelekan kegiatan tidur yang sering dianggap tidak produktif. Pasalnya menurut penelitian, orang yang tidur minimal tujuh jam setiap hari bisa memiliki ingatan yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidur kurang dari tujuh jam.

Tidur merupakan salah satu kebiasaan yang bisa menjaga kesehatan otak. Sebab saat tidur, hormon berperan untuk meregenerasi sel otak. Selain itu, otak akan merapikan dan mengelompokkan memori sepanjang hari sehingga ingatan bisa bertahan jangka panjang.

3. Berolahraga

Kebiasaan berikutnya yang bisa meningkatkan kecerdasan adalah berolahraga. Meski olahraga terlihat bagus untuk diet atau menurunkan lemak, nyatanya olahraga juga bagus untuk kesehatan otak.

Olahraga secara rutin bisa meningkatkan kualitas belajar, daya ingat dan konsentrasi. Jenis olahraga yang bisa bikin otak cerdas adalah olahraga aerobik seperti joging, jalan cepat, berenang dan juga senam.

Apalagi cara membuat otak cerdas dan kreatif? KLIK DI SINI untuk meneruskan membaca.



Simak Video "GISELLE aespa Minta Maaf Usai Tersandung Kontroversi Rasisme"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)