Brand Organik Jual Pembalut Tanpa Pandang Gender, Tak Hanya untuk Wanita

Hestianingsih - wolipop Minggu, 25 Jul 2021 19:30 WIB
Cycle by Freda, pembalut yang tak pandang gender. Cycle by Freda, produk pembalu tak pandang gender. Foto: Dok. Freda
Jakarta -

Sebuah brand berbasis bahan organik meluncurkan pembalut yang tidak memandang gender. Berdasarkan pemahaman bahwa 'bukan hanya wanita yang bisa menstruasi', brand bernama Freda ini menjual pembalut dari katun organik yang disebut 'de-gendered pads'.

Brand asal Inggris tersebut meyakini di dunia ini tidak hanya gender wanita yang bisa menstruasi. Pria transgender (wanita mengubah gender jadi pria) dan non-biner (gender netral) pun mengalami menstruasi setiap bulannya.

Menurut Freda, pria transgender dan non-binary atau mereka yang tidak mendefinisikan gender sebagai pria maupun wanita, kerap kali dikesampingkan dalam pembahasan tentang perawatan saat menstruasi. Sebagian besar produk menstruasi, baik itu pembalut atau tampon, dipasarkan secara spesifik untuk gender wanita.

Produknya sendiri diberi nama Cycle by Freda dan diciptakan untuk menyuarakan pentingnya inklusivitas dalam aspek menstruasi. Lini baru tersebut terdiri dari pembalut dalam berbagai ukuran, pantyliner dan tampon.

Lantas apa perbedaannya dengan produk menstruasi yang ada di pasaran? Bedanya ada pada kemasan yang dirancang dengan bentuk seperti kantong, berwarna putih dengan tulisan hitam. Terdapat pula tagline, 'Lini perawatan menstruasi yang dirancang untuk setiap orang.'

Pembalut Cycle by Freda ini diklaim antibocor, antigeser, terbuat dari bahan ramah lingkungan yang bisa terurai dalam waktu cepat. Produk juga disebut bebas alergi karena terbuat dari serat pohon yang ditanam dengan metode berkelanjutan.

Untuk memperkenalkan produknya, Freda menggandeng transgender dan dua aktivis non-biner Kenny Ethan Jones, Jamie Raines dan Siufung Law. Mereka melakukan kampanye untuk menyoroti rasa malu dan ketakutan yang mereka alami setelah membeli dan menggunakan produk yang dijual berdasarkan gender.

"Aku merasa malu, seakan tidak boleh memakainya juga," ujar Kenny.

Jamie menambahkan, "Aku merasa harus menyembunyikan menstruasiku."

Cycle by Freda dijual dengan harga mulai dari 3.70 pound sterling atau sekitar Rp 73 ribu untuk satu bungkus berisi 16 pembalut. Bagaimana menurutmu?

(hst/hst)