Liputan Khusus Saat Anak Terinfeksi Corona

Kisah Ibu Negatif Corona, Dampingi Anak yang Positif COVID-19 Tanpa Gejala

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 29 Jun 2021 12:07 WIB
Kisah Adinda Dewi Fitriani yang mengurus anaknya positif Corona. Foto Dinda bersama Zea. Foto: Dok. Instagram @adindafitriyan.
Bogor -

Jumlah kasus terinfeksi virus Corona pada anak terus meningkat di Tanah Air. Saat anak terinfeksi virus COVID-19, setiap orangtua khususnya para ibu pun akan merasakan kesedihan dan rela melakukan apapun demi kesembuhan buah hati tercinta. Termasuk rela merawat anak yang positif COVID-19 dengan risiko ikut terinfeksi virus tersebut.

Itulah yang dilakukan Adinda Dewi Fitriani yang anak pertamanya Carissa Zea Putri dinyatakan positif COVID-19 pada 20 September 2020. Anak Adinda yang baru berusia setahun positif Corona, sementara dirinya negatif berdasarkan hasil tes SWAB PCR.

"Kebetulan Zea tanpa gejala. Jadi awalnya karena kakak ipar aku dinyatakan positif terus kita sekeluarga di swab dan yang ikutan positif juga Zea," kata wanita yang akrab disapa Dinda itu kepada Wolipop, Kamis (24/6/2021).

Kisah Adinda Dewi Fitriani yang mengurus anaknya positif Corona.Kisah Adinda Dewi Fitriani yang mengurus anaknya positif Corona. Foto: Dok. Instagram @adindafitriyan.

Ibu dua anak ini menuturkan jika Zea tidak mengalami gejala apapun. Oleh karena itulah dia merasa bak tersambar petir ketika melihat hasil tes swab PCR anaknya.

"Waktu dinyatakan positif kaget banget lah ya pasti, apalagi anak sekecil itu harus swab pada saat itu. Dan cuma anak aku doang yang dinyatakan positif. Kebetulan aku dan suami negatif, jadi ya harus tetap jaga imun tubuh supaya nggak drop karena harus mengurus anak yang positif," ungkap wanita yang tinggal di Bogor itu.

Selama menjaga buah hatinya, ia mengaku tidak melihat atau membaca berita tentang COVID-19. Dia memilih melakukan itu agar tidak stres saat mengurus Zea yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Dinda pun menuturkan kesulitan saat merawat anak yang positif COVID-19. "Karena dia tanpa gejala tapi kesulitannya ya jadi membatasi ruang gerak si anak. Karena jadi nggak bisa sosialisasi sama teman-teman seusianya karena harus dikarantina," jelasnya.

Selama anaknya terinfeksi Corona, Dinda tetap tidur satu kamar dengan sang anak. Demi melindungi diri, dia tetap memakai masker saat tidur dan sedikit membatasi memegang sang anak.

Kisah Adinda Dewi Fitriani yang mengurus anaknya positif Corona.Kisah Adinda Dewi Fitriani yang mengurus anaknya positif Corona. Foto: Dok. Instagram @adindafitriyan.

Asupan Gizi untuk Anak Positif Corona

Dinda pun memberikan makanan yang sehat dan bergizi untuk anak tercinta, agar sembuh dari Corona. Selama isolasi mandiri, anaknya tidak pernah rewel. Padahal sebelum positif Corona, Dinda kerap kewalahan pada anak pertamanya itu.

"Agar Zea cepat sembuh aku sering membuat jus alpukat agar dia kenyang dan jus jeruk. Terus makan yang hangat-hangat kayak sayur sop atau soto yang bisa melegakan tenggorokan," tambahnya.

Selain itu Dinda juga memberikan anaknya buah-buahan dan tambahan vitamin. Hingga pada 20 Oktober 2020, dari dua kali hasil pemeriksaan menunjukkan jika Zea sudah negatif Corona.

Di akhir wawancara, Dinda pun memberikan pesan bagi kamu yang sedang merawat anak yang dinyatakan positif Corona.

"Di tengah kondisi seperti ini hanya berharap dikasih sehat sudah bersyukur banget. Harus bener-bener fit. Bagi ibu-ibu yang mengalami hal serupa nggak boleh patah semangat apalagi drop. Karena harus kuat supaya anak tetap kuat," tutupnya.

Kisah Adinda Dewi Fitriani yang mengurus anaknya positif Corona.Kisah Adinda Dewi Fitriani yang mengurus anaknya positif Corona. Foto: Dok. Instagram @adindafitriyan.
(gaf/eny)