Pandemi Belum Usai, Jangan Kendor dan Jaga Sistem Imun Tubuh!

Khoirul Anam - wolipop Kamis, 10 Jun 2021 13:38 WIB
Ilustrasi Sistem Imun Foto: shutterstock
Jakarta -

Angka penularan COVID-19 masih terbilang fluktuatif. Terkadang angka penularan yang menurun membuat kita lengah dan mengira pandemi akan segera berakhir. Padahal terjadi kenaikan di beberapa kota yang kurang menerapkan prosedur pencegahan COVID-19.

Tentu kamu sudah sangat sering sekali mendengar anjuran untuk mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak, serta menghindari kerumunan. Namun, penerapannya kembali pada pribadi masing-masing.

Walaupun perlahan aktivitas sudah kembali normal, di tengah angka penularan yang masih fluktuatif ini, alangkah baiknya jika kamu tidak kendor menjaga sistem imunitas untuk membentengi diri dari virus-virus yang dapat menular lewat udara. Agar lebih paham bagaimana cara kerja sistem imunitas tubuh dalam menangkal virus, simak informasi penting berikut.

Tugas Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem imunitas memiliki peran untuk menjaga tubuh dari bahan kimia berbahaya, bakteri dan virus, hingga pertumbuhan sel kanker. Tubuh manusia memiliki dua bagian sistem kekebalan dengan tugasnya masing-masing. Sistem imun bawaan yang sudah ada sejak kita lahir merespons berbagai patogen dengan sangat cepat, sehingga infeksi dan kerusakan jaringan yang lebih besar dapat terhindar.

Adapun sistem imun lainnya adalah sistem imun adaptif. Sistem kekebalan ini terdiri dari kelompok sel imun yang bisa merespons patogen secara lebih spesifik dan tertarget. Lawannya adalah kuman-kuman yang lebih kuat, seperti virus.

Sistem kekebalan adaptif menjalankan perannya dengan cara mengenali bagian terkecil dari virus yang sudah masuk ke dalam tubuh dan menginfeksi sel. Setelah melakukan identifikasi, sistem akan menghancurkannya untuk menghindari kerusakan yang lebih besar.

Sistem kekebalan adaptif inilah yang dikenal sebagai sel memori. Pasalnya, jika suatu saat nanti mereka dihadapkan lagi dengan virus yang sama, sistem ini akan langsung memeranginya.

Sistem imun adaptif tumbuh sejak manusia lahir. Namun seiring pertambahan usia dan memasuki usia tua, sistem ini akan menurun.

Apa Saja Penyebab Imunitas Menurun dan Meningkat?

Sistem imun bisa menurun karena kebiasaan hidup tidak sehat yang kita lakukan sehari-hari, seperti kurang tidur dan kualitas tidur yang rendah, pemakaian berlebihan obat-obatan atau antibiotik tertentu, atau rendahnya kadar Vitamin D di dalam tubuh.

Sistem imun juga menurun karena jarang mengkonsumsi buah dan sayur atau terlalu sering mengkonsumsi makanan siap saji, tubuh tidak aktif bergerak, hingga sering stres dan mengalami kecemasan. Untungnya, sistem kekebalan tubuh bisa kita tingkatkan. Caranya dengan beberapa hal berikut.

  1. Banyak mengonsumsi makanan sehat, termasuk buah-buahan dan sayuran segar yang mengandung banyak nutrisi. Selain menjaga pola makan, kita juga dianjurkan memperhatikan asupan vitamin dan mineral esensial untuk memastikan sistem imun tubuh dapat berfungsi dengan semestinya.
  2. Meminum suplemen multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan kita seperti Redoxon Triple Action. Suplemen ini bisa menjadi andalan untuk menjaga sistem imunitas karena di dalam Redoxon® terdapat kandungan Vitamin C, Vitamin D dan Zinc yang ampuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh yang lemah.
  3. Bergerak secara aktif dan berolahraga adalah tips lain yang sangat dianjurkan untuk meningkatkan kinerja sistem imun kita. Selain itu, dengan membiasakan tubuh aktif bergerak, sirkulasi darah akan terjaga dan sel darah putih pun dapat mencapai sel-sel yang sedang terinfeksi virus.

Jangan Kendor untuk Tetap Jaga Kebersihan

Walaupun Imun tubuh telah terjaga dengan baik, kita tetap perlu menjaga kebersihan diri kita maupun lingkungan di sekitar kita, baik itu tempat tinggal atau tempat bekerja. Kenakan juga masker ketika diharuskan keluar rumah dan bertemu orang lain.

Jadi terus jaga imun tetap prima, jangan kendor walaupun aktivitas sudah kembali seperti biasa. Tetap aktif dengan gaya hidup sehat dan bersih, serta terus melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral yang tepat dan mampu memperkuat sistem imunitas tubuh.

(ads/ads)