Biarkan Anak Bebas Bermain Tanpa Khawatir Gigitan Serangga

Khoirul Anam - wolipop Selasa, 08 Jun 2021 14:40 WIB
anak main di luar Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Di masa pertumbuhan, anak-anak memiliki energi yang sangat besar untuk mengeksplorasi dunia di sekitarnya. Inilah alasan mengapa banyak di antara mereka yang mudah bosan saat terus berada di dalam rumah dalam waktu lama.

Sebagai orang tua, perlu kiranya mengajak anak bermain di luar ruangan. Tak hanya menghilangkan kebosanan, bermain di luar ruangan sekaligus membawa banyak manfaat. Area yang luas membuat anak-anak ingin berlarian, melompat, atau berguling di atas rumput yang secara tidak langsung meningkatkan kekuatan otot dan fisiknya.

Selain itu, bermain di luar ruangan juga bisa mengoptimalkan sensory skill serta kemampuan berkomunikasi anak, terlebih jika ia bermain dengan teman lainnya. Hebatnya lagi, saat anak bermain di bawah sinar matahari, bagian otak yang bernama pineal gland akan terstimulasi dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh serta kebahagiaan anak.

Tak hanya itu, rutin bermain di luar ruangan juga memberikan rasa percaya diri pada anak. Hal ini karena ia bebas menggerakkan tubuh sesuai dengan keinginannya. Anak juga bebas bereksplorasi dengan memanfaatkan benda-benda yang ada di luar ruangan untuk bermain. Ini dengan tak langsung meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak.

Namun di lain sisi, bermain di luar ruangan juga menimbulkan sejumlah kekhawatiran bagi para orang tua, salah satunya serangga yang bisa meninggalkan gigitan di kulit anak. Di samping itu, aktivitas fisik yang intens di luar ruangan juga bisa membuat anak terjatuh atau terbentur, yang kemudian menghasilkan luka memar. Setelah digigit serangga atau mengalami luka memar, anak biasanya akan rewel karena muncul rasa tidak nyaman.

Di masa seperti ini, orang tua tidak perlu panik karena ada pertolongan pertama yang bisa dilakukan.

Pertolongan Pertama saat Digigit Serangga

Saat digigit serangga, cek apakah ada sisa sengat yang masih menempel di kulit. Jika ada, segera basuh luka dengan air. Setelah itu, oleskan salep Zambuk yang mengandung Eucalyptus Oil, Camphor, Thyme Oil, dan Colophony.

Salep ini efektif untuk meredakan gatal akibat gigitan serangga. Jika bekas gigitan serangga terlihat agak bengkak dan terasa nyeri, bungkus dengan kasa
setelah dioles salep.

Pertolongan Pertama Luka Memar

Ketika anak terjatuh dan muncul luka memar pada bagian tubuhnya, segera bersihkan bagian yang terluka. Selanjutnya, angkat bagian tubuh anak yang memar atau bengkak sehingga lebih tinggi dari tubuhnya. Kompres dengan air es untuk meredakan nyeri. Setelah itu, oleskan juga salep Zambuk yang dapat meredakan rasa nyeri dan menghilangkan memar. Terakhir, balut dengan perban untuk meringankan nyerinya.

Jadi, jangan lagi khawatir saat anak bermain di luar ruangan. Biarkan ia menghabiskan waktunya untuk mengeksplorasi berbagai aktivitas yang menarik untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Peran utama orang tua adalah mengawasi aktivitas anak dan segera memberikan bantuan apabila terjadi cedera. Orang tua harus selalu menyediakan Salep Zambuk yang diproduksi Bayer Indonesia. Dengan formula yang sudah dipercaya lebih dari 100 tahun, Salep Zambuk mampu melindungi keluarga dari gigitan serangga, luka memar, dan terkilir ringan.

(ads/ads)