Viral Kisah Wanita Haid Tidak Teratur, Pilih USG Sendirian, Ternyata...

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 03 Apr 2021 10:00 WIB
Kisah wanita yang mengalami haid tidak teratur, ternyata mengalami sakit kista. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @gabriellajoceline.
Jakarta -

Siklus haid yang tidak teratur adalah kondisi yang cukup umum, akan tetapi bisa juga disebabkan oleh penyakit. Kamu sebaiknya memeriksakan diri ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Seperti kisah wanita yang baru-baru ini viral karena mengalami haid tidak teratur. Lewat akun TikToknya @gabriellajoceline, Gabriella Joceline Kurnianto atau biasanya dipaggil Celine awalnya merasa curiga karena haidnya tidak teratur. Ia pun terkejut usai melakukan USG di rumah sakit.

"Yuk kurangin begadang, pola hidup sehat yuk mulai dari sekarang:). Jadi aku kemarin cek USG ke dokter karena haid aku yang tiba-tiba berubah waktu bulan Februari sampai sekarang. Dan ternyata hasilnya.... (menunjukkan hasil USG). Yes aku ada kista dan bikin aku yang kayak mau dicekek gitu pas dokternya ngomong," tulis Celine lewat akun TikTok @gabriellajoceline.

Kisah wanita yang mengalami haid tidak teratur, ternyata mengalami sakit kista.Kisah wanita yang mengalami haid tidak teratur, ternyata mengalami sakit kista. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @gabriellajoceline.

Celine berinisiatif periksa ke dokter untuk mencari tahu penyebab haidnya yang tidak teratur. Dia menjalani USG sendirian tanpa didampingi orangtuanya ataupun orang terdekatnya.

"Malah aku di USG sendiri gak sama siapa-siapa.Karena mama dan pacarku datangnya telat jadi aku keburu USG duluan sendiri. Dan ini benar-benar diluar dari yang aku kira. Sekarang aku lagi kumpulin uangnya buat operasi mohon doaya ya,"lanjut Celine.

Hingga kini video Celine itu sudah dilihat lebih dari 1,9 juta kali, mendapat 140 ribu Likes dan lebih dari 5.700 komentar. Warganet ada yang mendoakan agar Celine cepat sembuh dan ada yang curhat mengalami hal serupa.

"Guysss, Kita Sesama Perempuan Ayo Saling Menyemangati Guyss, Jangan takut, Mulai Sekarang coba olahraga, makan yang sehat,Berdoa terutama yaa🥰🥰," ujar akun @Thattsssuppptomeeee.

"Berubah gimana? Jadi takut soalnya dari dulu mens gak pernah sesuai siklus, kek random banget pasti tanggalnya :(," saut akun @ .

"Sama kaa aku juga punya kista tapi kista aku masih kecil jadi masih bisa sembuh dari obat. Kalau lagi kumat sakitnya gak main sampai gak bisa apa-apa. Semangat ka lekas sembuh ya🥺🥰," harap akun @silviindahhhh.

"Untuk para perempuan perempuan diluar sana, harus lebih sayang ya sama diri sendiri, harus bisa jaga pola hidup yang sehat, semangat!" timpal akun @key🦋. ️

"Semangat sayaring! Doa terbaik buat kamu!♡" saut akun @Khaa.

Konfirmasi Wolipop

Wolipop menghubungi Gabriella Joceline Kurnianto yang mengunggah kisahnya di TikTok. Ia merasa terkejut ketika melihat videonya viral di TikTok.

"Kaget banget aku nggak menyangka bakalan kaya gitu sampai satu juta yang nonton. Dan terharu banget karena di comment banyak ilmu dan pengalaman-pengalaman banyak wanita yang aku dapet," ungkap Celine kepada Wolipop.

Wanita 21 tahun itu mengunggah video tersebut setelah memeriksakan diri ke dokter. Dia mengalami haid tidak teratur sejak Februari 2021 dan haidnya tidak seperti biasanya.

"Setelah selesai, dua minggu kemudian aku keluar flek dan sampe haid ke Maret. Habis selesai haid Maret, 2 minggu kemudian lagi aku keluar darah lagi yang lumayan banyak dari flek biasanya. Terus aku merasa aneh aku cek ke dokter. Kata dokter aku ada kista dan dioperasi aja karena ukuran kistaku itu sudah lebih dari 3,5 cm jadnya aku disarankan operasi," jelasnya.

Kisah wanita yang mengalami haid tidak teratur, ternyata mengalami sakit kista.Kisah wanita yang mengalami haid tidak teratur, ternyata mengalami sakit kista. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @gabriellajoceline.

Saat ini, Celine merasa nyeri di bagian kiri bawah perut karena menderita kista ovarium sebelah kiri. Wanita yang tinggal di Tangerang Selatan itu mengungkapkan diagnosa dari dokter penyebab kistanya bisa karena berbagai faktor.

"Penyebabnya sih biasanya dari genetik dan keturunan gitu dari yang sedarah. Kebetulan keluargaku ada juga yang kista. Kemungkinan juga pola hidup gak sehat, begadang, makan tida teratur, dan junkfood termasuk pola hidup gak sehat," imbuhnya.

Celine mengakui jika pola makannya tidak teratur. Dia sering tidur larut malam dan mengonsumsi makanan cepat saji serta pola hidup kurang sehat lainnya.

Di akhir wawancara, Celine mengungkapkan alasannya membagikan video tersebut ke akun TikToknya. Dia ingin wanita lainnya bisa menjalani pola hidup yang sehat.

"Aku pengen buat wanita-wanita di luar sana yang bermasalah dengan haid itu gak takut buat cek ke dokter. Karena aku nemu komen banyak bilang takut buat ke dokter ngecek. Jadi aku posting supaya mereka tidak merasa takut banget buat cek dan bisa hidup sehat juga," pungkasnya dengan ramah.

(gaf/eny)