Gejala Kista Ovarium Seperti yang Dialami Audi Marissa Saat Hamil

Eny Kartikawati - wolipop Jumat, 25 Des 2020 15:39 WIB
Audi Marissa & Anthony Xie Foto: Instagram
Jakarta -

Artis Audi Marissa yang mengumumkan kehamilannya pada awal November kini berbagi kabar sedih. Kata Audi, dokter juga mendapati ada kista di kehamilan pertamanya ini. Usia kehamilan Audi sendiri kini sudah memasuki empat bulan.

Melalui unggahan di Instagram pribadinya @audimarissa, bintang sinetron Anak Langit itu menceritakan bagaimana dia mengetahui dirinya menderita kisat. Penyakit itu diketahuinya saat dia memeriksakan kehamilannya.

"Yang diliat dokter @thomaschayadi pada saat itu adalah kantung janinnya. Dan ternyata ada. Cuma belum terlihat isi nya (janin). Terus pas diliat lagi ternyata aku ada kista 6 cm. Jujur kaget sih ternyata aku ada," tulis Audi Marissa yang dinikahi Anthony Xie pada 12 September 2020.

Audi Marissa dan Anthony XieAudi Marissa dan Anthony Xie Foto: Instagram @audimarissa

Berdasarkan pemeriksaan dokter, kista di rahim Audi Marissa berukuran 6 cm. Untungnya menurut dokter, kista tersebut tidak membahayakan dirinya ataupun janinnya.

"Yang buat aku tenang dokter @thomaschayadi bener2 nenangin aku ttg kista yang aku punya. Dokter bilang kali kista aku gak berbahaya dan bisa dikeluarkan pada saat persalinan nanti. Dan untungnya kista aku 6 cm kalo sampai 10 cm atau lebih harus dioperasi," tambah bintang film dan sinetron 25 tahun itu.

Seperti dikutip dari HaiBunda.com, kasus kista ovarium seperti dialami Audi Marissa ini banyak dialami para wanita. Untungnya, penyakit ini masuk dalam golongan kista yang tidak berbahaya. Kista ovarium adalah kantung berisi cairan di ovarium yang tidak menimbulkan rasa sakit dan bisa hilang dengan sendirinya.

Kista ovarium yang paling umum disebut fungsional yang terdiri dari dua jenis. Kista folikel yang terbentuk ketikel folikel ovarium (kantung kecil tempat telur tumbuh) tidak terbuka untuk melepaskan sel telur dan terus tumbuh menjadi kista.

Selanjutnya ada kista korpus iutem, yang berkembang setelah sel telur dilepaskan dari folikel selama ovulasi. Kantung folikel menyusut menjadi sel-sel yang memproduksi hormon untuk mendukung sisa siklus menstruasi, atau, dalam kasus kehamilan, untuk mendukung pertumbuhan bayi.

Apa saja gejala kista ovarium seperti yang dialami Audi Marissa? KLIK DI SINI untuk terus membaca artikelnya.

(eny/eny)