Kisah Wanita yang Sulit Melihat Pria Tampan, Kaki Jadi Lemas Hingga Pingsan

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 24 Mar 2021 12:15 WIB
Kristy Brown Foto: Facebook Kristy Brown
Jakarta -

Melihat pria tampan menjadi hiburan tersendiri bagi banyak wanita. Meski hanya bisa mengagumi dari kejauhan, itu sering dianggap sebagai pemandangan yang menyenangkan. Sayangnya seorang wanita bernama Kristy Brown tidak bisa menikmati hal tersebut karena kondisi langka yang membuatnya bisa pingsan ketika melihat pria tampan.

Saat melihat orang yang kita anggap rupawan, wajar jika tubuh dan pikiran memberikan reaksinya. Tapi hal tersebut bisa menjadi sesuatu yang berbahaya untuk orang yang mengidap cataplexy seperti Kristy. Dapat membuatnya lemas sampai tidak sadarkan diri, kondisi tersebut dipicu oleh emosi kuat, seperti marah, tertawa, takut, bahkan kekaguman.

Kristy sendiri sudah cukup lama mengalami kondisi yang sering membuatnya sulit meninggalkan rumah itu. Ia pun menceritakan salah satu momen yang pernah membuatnya malu.

"Itu sangat memalukan. Aku pergi belanja suatu kali dan aku melihat seseorang yang terlihat ok lalu kakiku langsung lemas dan aku harus berpegangan dengan sepupuku. Jika aku melihat seseorang yang menarik, kakiku lemas jadi aku mencoba untuk tidak menaruh diriku pada situasi di mana itu bisa terjadi, jadi aku mencoba menundukkan pandangan untuk keselamatanku sendiri," ujarnya dilansir Dailymail.

Ia pun menjelaskan bagaimana kondisi itu mempengaruhi kesehariannya. "Bisa dianggap gangguan tidur, kami tidak banyak tidur dan ketika kami tidur itu tidak lelap jadi aku sangat lelah, aku sering mendapat serangan. Aku bisa terserang di atas tangga karena aku tidak suka ketinggian," kata Kristy. "Bahkan jika aku merasa diriku lucu, aku bisa mendapat serangan. Emosi kuat apapun atau suara keras seperti klakson mobil atau teriak," tambahnya.

Cataplexy yang diidap Kristy tentu membuatnya sulit untuk tertarik dengan orang. Ia sendiri mengaku sering kali menghindari melihat wajah orang karena takut pingsan.

"Aku belum pernah merasa atraksi yang kuat (dari orang) baru-baru ini karena itu akan memicu serangan yang di satu sisi bagus tapi juga sedikit menyedihkan karena aku ingin merasa tertarik pada orang," kata ibu dua anak tersebut.

"Ketika aku kena serangan aku tidak merasakan apapun di tubuhku, itu seperti sirkuit pendek dari obat ke otot yang terganggu dan aku langsung kehilangan kontrol pada kakiku, tapi bagian atas tubuhku terasa kuat," tambahnya.

(ami/ami)