Anak & Keluarga Melewatkan Sarapan, Waspada Dampak Buruk Ini

Abu Ubaidillah - wolipop Senin, 15 Mar 2021 23:15 WIB
Ilustrasi sarapan Foto: Shutterstock
Jakarta -

Sarapan pagi adalah hal yang sangat penting dilakukan. Pasalnya setelah semalaman tidur dan tak mengonsumsi apapun, tubuh membutuhkan energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Sarapan juga tidak bisa dilakukan dengan menu seadanya, melainkan harus makanan bergizi yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari. Bila sengaja melewatkan sarapan, akan ada berbagai dampak buruk bagi kesehatan yang mungkin terjadi pada anak hingga orang dewasa.

Dilansir dari FirstCry dan KidsHealth, berikut adalah hal-hal yang mungkin terjadi bagi orang yang kerap melewatkan sarapan.

1. Metabolisme Terganggu

Makan secara teratur, termasuk tak melewatkan sarapan bisa membuat metabolisme tubuh berjalan normal. Sedangkan jika melewatkan sarapan, hal tersebut dapat mungkin menyebabkan gangguan metabolisme dan hati.

2. Memicu Migrain

Jika kamu rentan terhadap migrain, melewatkan sarapan bisa membuat lebih rentan terhadap migrain. Hal tersebut dikarenakan melewatkan sarapan bisa menyebabkan kadar gula darah rendah dalam tubuh, yang pada gilirannya bisa meningkatkan tekanan darah sehingga meningkatkan kemungkinan mengalami migrain.

3. Risiko Diabetes Tipe 2

Tidak sarapan secara terus-menerus juga membuat seseorang memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. Dalam sebuah penelitian disebutkan orang dengan sarapan teratur lebih jarang terkena diabetes tipe 2. Jadi bila ingin terhindar dari penyakit ini, sarapanlah secara teratur.

4. Fungsi Kognitif

Sarapan juga berkaitan erat dengan fungsi kognitif manusia. Dalam sebuah penelitian disebutkan orang yang rutin sarapan memiliki fungsi kognitif yang baik, berbeda dengan yang suka melewatkan sarapan fungsi kognitifnya kerap terganggu.

5. Rambut Rontok

Sarapan pada dasarnya juga membantu pertumbuhan folikel rambut, terutama sarapan yang kaya protein. Jika kamu menginginkan rambut yang sehat berkilau, maka sarapanlah. Namun jika tak mau, jangan kaget bila rambut mudah rontok seketika.

Selain masalah-masalah kesehatan tersebut, melewatkan sarapan juga kerap dikaitkan dengan risiko kanker, penyakit jantung, penurunan energi, hingga mood. Maka, melewatkan sarapan bukanlah hal yang direkomendasikan.

6. Menjadikan Anak Mudah Lelah

Melewatkan sarapan, khususnya pada anak-anak bisa membuat mereka merasa mudah lelah, gelisah, dan bahkan tersinggung karena moodnya memburuk. Di pagi hari, tubuh anak perlu diisi energi yang berasal dari sarapan.

Selain membuat tubuh anak berenergi, sarapan juga membantu menjaga berat badan anak-anak. Dengan sarapan metabolisme tubuh dimulai, proses tubuh mengubah bahan bakar dalam makanan menjadi energi dan di saat metabolisme dimulai, tubuh mulai membakar kalori.

7. Membuat Konsentrasi Anak Berkurang

Penting bagi anak-anak untuk sarapan setiap hari, sebab dengan sarapan yang tepat bisa membantu meningkatkan konsentrasi, perhatian, hingga memori anak-anak agar bisa belajar dengan maksimal. Tentu saja, apa yang mereka makan di pagi hari juga penting.

Sarapan yang baik ialah sarapan yang banyak mengandung nutrisi penting, seperti kalsium, multivitamin, dan mineral lainnya. Tanpa sarapan bernutrisi, konsentrasi hingga perhatian anak bisa berkurang atau terganggu.

Nutrisi yang terkandung pada menu sarapan juga harus diperhatikan. Sarapan dengan nutrisi yang lengkap dari segelas MILO dan semangkuk NESTUM membuatmu menjalani hari padat dengan optimal.

Pemenuhan gizi sarapan bisa diperoleh dari konsumsi segelas MILO yang mengandung kebaikan alami dari ekstrak malt, bubuk kakao, dan susu. MILO juga dilengkapi dengan Activ-Go, yaitu kombinasi 6 vitamin (B2, B3, B6, B12, C dan D) dan 3 mineral (kalsium, zat besi, dan fosfor).

Agar kenyang lebih lama, dapat diperoleh dari konsumsi NESTUM, yang mengandung Grain Smarta, yakni kombinasi unik biji-bijian dengan rasa yang lezat dan diperkaya multivitamin dan mineral untuk memberikan energi yang berkontribusi bagi fungsi otak/kognitif dan sistem daya tahan tubuh.

Sarapan lengkap dengan MILO dan NESTUM #EnergiUntukAktifSetiapHari. Untuk informasi nutrisi lebih lanjut, kunjungi milo.co.id.



Simak Video "Hari Kartini, Sri Mulyani: Perempuan Itu Pendidik Pertama"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/eny)