Kata Ahli Gizi yang Kritik Diet Tya Ariestya karena Sebut Sayur Bikin Gemuk

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 03 Mar 2021 18:00 WIB
Aktris Tya Ariestya sedang menjadi perbincangan warganet tentang pola dietnya. Diet Tya Ariestya jadi kontroversi, dikritik ahli gizi. Foto: Dok. Instagram @tya_ariestya.
Jakarta -

Tya Ariestya sukses menurunkan berat badannya hingga 25 kg dalam kurun waktu empat bulan. Warganet pun penasaran dan ingin mengikuti jejak Tya Ariestya. Ibu dua anak itu kemudian mengabadikan perjalanannya memangkas bobot tubuhnya dalam buku yang berjudul "The Journey Of fit Tya Ariestya".

Akan tetapi buku tersebut menuai kontroversi sebab menurut pakar ada beberapa poin yang malah tak sesuai dengan anjuran kesehatan. Salah satunya adalah tulisan yang menyebut tidak masalah tidak mengonsumsi sayuran. Pernyataan yang ditulis di buku Tya Ariestya ini pun menuai kritik ahli gizi.

Salah satu ahli gizi yang memberikan kritikan tersebut adalah Hafizha Anisa, S.Gz melalui akun Twitter @gizipedia_id. Dia membuat thread di Twitter yang hingga kini sudah diserbu lebih dari 10 ribu komentar netizen.

Wolipop mewawancarai admin akun @gizipedia_id terkait cuitannya yang viral mengenai kritikan terhadap buku diet Tya Ariestya. Akun Gizipedia sendiri sebenarnya dikelola oleh tiga ahli gizi yaitu Hafizha Anisa, S.Gz, Yusrina Husnul, S.Gz dan Ayu Fauziyyah, S.Gz. Ketiganya kini sedang menjalani pendidikan profesi dan magister gizi.

Hafizha yang membuat konten di Twitter mengenai diet Tya Ariestya mengatakan dia awalnya tidak berharap cuitannya menjadi viral. Yang ingin dilakukannya hanyalah meluruskan informasi yang salah dalam buku diet Tya.

"Senang kalau semakin banyak yang tahu seputar disinformasi ini. Terutama sebagian besar pelaku diet ini adalah ibu-ibu yang tidak punya basic ilmu diet. Di mana pola makan ini bahaya jika dilakukan dalam jangka panjang. Banyak tenaga kesehatan lain yang membaca juga, saya harap tren diet ekstrim seperti ini bisa segera berhenti," kata Hafizha Anisa, S.Gz kepada Wolipop, Rabu (3/3/2021).

Hafizha Anisa, S.Gz menjelaskan tentang VLCD (very low calorie diet) yang sebenarnya tidak perlu dibagikan dan ditulis dalam buku Tya Ariestya tersebut. Sebagai ahli gizi ia belum menemukan referensi ilmiah yang membenarkan pola makan tersebut dilakukan dalam jangka panjang.

"Terlebih tanpa sayur yang menurut buku tersebut menyebabkan kenaikan berat badan. Tentu saja ini sangat keliru. Terlebih kliennya banyak dari kalangan publik figur. Saya takut masyarakat mengikutinya tanpa mencari tahu terlebih dahulu," ungkap Hafizha.

Menurutnya, bila seseorang, termasuk para selebriti seperti Tya Ariestya, ingin menulis buku tentang pengalaman berhasil diet, lebih baik melalui editorial atau koreksi tenaga kesehatan yang berkompeten. Ia juga berharap Kemenkes mempunyai divisi khusus untuk memberantas hoax diet seperti ini.

Kontroversi Buku Diet Tya Ariestya

Aktris Tya Ariestya sedang menjadi perbincangan warganet tentang pola dietnya.Aktris Tya Ariestya sedang menjadi perbincangan warganet tentang pola dietnya. Foto: Dok. Instagram @tya_ariestya.

Hafizha mengatakan sudah mempunyai koleksi buku diet keluaran artis, agar bisa memahami tren dan pertanyaan klien. Akan tetapi dari banyak buku diet artis itu, buku The Journey of Fit Tya Ariestya menurutnya banyak disinformasi.

"Misalnya, anekdot dimana "Aku ngga makan sayur aja bisa kurusan, kata dokter aku, sayur menghambat penurunan berat badan" seakan menciptakan opini sayuran bikin gemuk," ucap Founder Gizipedia itu.

Anekdot ini bisa membuat seseorang menjalani diet ketat tanpa makan sayur. Dia pun memaparkan apa efek buruk diet tersebut yaitu sembelit, rambut rontok, sariawan, kulit pucat, lemas dan lainnya. Paling parah efek dari diet yang tidak benar bisa memicu infeksi pencernaan hingga kanker kolorektal.

Oleh karena itu Hafizha merasa punya kewajiban membahas pola diet Tya Ariestya. Dia khawatir orang-orang yang tidak memahami soal diet hanya sekadar mengikuti tanpa memahami dampak buruknya.

Hafizha mengatakan setelah membuat thread mengenai kritikan pada isi buku diet Tya Ariestya, akun Twitter Gizipedia tidak mengalami serangan dari netizen atau diserbu nyinyiran. Malah katanya, cuitan tersebut mendapatkan reaksi dari dokter, ahli gizi dan tenaga kesehatan lain yang memberikan apresiasi. Selain itu banyak juga netizen yang membagikan cerita tentang gangguan kesehatan karena menjalani diet tidak sehat.

Saran Ahli Gizi Soal Diet

Aktris Tya Ariestya sedang menjadi perbincangan warganet tentang pola dietnya.Aktris Tya Ariestya sedang menjadi perbincangan warganet tentang pola dietnya. Foto: Dok. Instagram @tya_ariestya.

Pada akhir wawancara, Hafizha memberikan saran bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan dan mengukuti tren diet ala publik figur. Menurutnya jangan asal mencoba tanpa mencari tahu lebih dalam.

"Ilmu diet itu memang bukan ilmu pasti seperti matematika. Tapi semua orang wajib paham dasarnya, karena setiap orang butuh makan. Diet is personal matter. Cocok di dia belum tentu cocok di kamu. Apalagi kalau asal asalan ikut diet tanpa mau belajar dan cari tahu dulu," tegasnya.

Bila ingin konsultasi soal diet, menurutnya, lebih baik ke ahli gizi (nutritionis) atau ahli diet (dietisien). Dan pastikan sang ahli sudah bertahun-tahun belajar ilmu tersebut.

Aktris Tya Ariestya sedang menjadi perbincangan warganet tentang pola dietnya.Aktris Tya Ariestya sedang menjadi perbincangan warganet tentang pola dietnya. Foto: Dok. Instagram @tya_ariestya.
(gaf/eny)