Manfaat Makan 5 Kali Sehari, Diet yang Bikin Tya Ariestya Turun Berat Badan

Lukita Wardani - wolipop Sabtu, 19 Sep 2020 11:00 WIB
Tya Ariestya Tya Ariestya menjalani pola makan lima kali sehari. Foto: Instagram/@tya_ariestya
Jakarta -

Tya Ariestya termasuk dalam deretan artis yang menjalani diet penurunan berat badan di masa pandemi Corona ini. Tya sukses menurunkan berat badannya sebanyak 13 kg dalam waktu dua bulan. Salah satu cara yang dilakukannya untuk menurunkan bobot tubuhnya, selain olahraga, adalah dengan menjalani pola makan lima kali sehari. Bagaimana bisa sering makan bisa bikin berat badan berkurang? Berikut manfaat makan lima kali sehari.

Makan lima kali sehari ini artinya bukan kamu makan besar sebanyak lima kali dalam sehari. Makan lima kali sehari polanya adalah tiga kali makan besar dan dua kali camilan sehat. Jika kamu makan di pagi hari dan kemudian setiap 2-3 jam mengonsumsi camilan sehat merupakan cara paling efektif untuk menjaga metabolisme agar tetap kuat dan memastikan bahwa tingkat energi tetap konstan sepanjang hari.

Makan 5-6 kali sehari akan dengan cepat mengubah tubuh kamu menjadi mesin pembakar lemak yang ramping juga kencang. Berikut manfaat utama makan 5-6 kali sehari: lebih banyak energi, mengurangi rasa lapar, mengurangi keinginan makan, mengontrol kadar gula darah & produksi insulin, mengurangi penyimpanan lemak tubuh, pertahankan dan tingkatkan massa otot.

Bukan hanya itu, manfaat makan lima kali sehari dapat mengurangi rasa lapar dan makan berlebihan, lebih banyak energi dan pandangan yang lebih positif, gula darah lebih stabil dan mengurangi mengidam makanan tidak sehat.

Beautiful woman sitting with healthy green food and drinking smoothie at home. Vegan meal and detox conceptIlustrasi manfaat makan lima kali sehari. Foto: iStock

Melakukan diet dengan cara makan lima kali sehari ini dibutuhkan perencanaan, persiapan, dan ketekunan yang baik untuk membiasakan diri makan sesering ini. Ide yang bagus adalah menyiapkan makanan dari jauh hari sebelumnya. Biasanya dengan memasakan makanan dalam satu waktu lalu dibagi-bagi ke dalam wadah yang berbeda.

Setiap makanan yang dimakan harus mengandung protein tanpa lemak, karbohidrat baik, dan lemak sehat dengan rasio sekitar 40:30:30. Tentu ini bukan hal yang 'mudah', tetapi begitu kamu terbiasa menyiapkan makanan terlebih dahulu dan mengonsumsi makanan yang lezat dan sehat setiap beberapa jam, kamu akan melihat beberapa perubahan yang menakjubkan.

Hal lain yang dapat dilakukan bisa dengan membuat shake atau smoothie sebagai pengganti makanan dan mungkin bahkan salah satu camilan untuk hari itu.

Lalu apa yang terjadi saat kamu melewatkan makan atau camilan? Metabolisme tubuh kamu melambat untuk membuat makanan atau bahan bakar. Gula darah juga akan turun dan membuat kamu merasa rewel dan pusing. Selain itu kamu bisa makan berlebihan pada waktu berikutnya untuk menebus penurunan gula darah.

Buat kamu yang akan menjalankan diet dengan makan lima kali sehari, berikut tipsnya:

1. Pastikan ada protein atau serat di setiap camilan atau makanan.

2. Makanlah dalam porsi yang wajar, gunakan tangan kamu untuk mengukur ukuran porsi.

3. Rencanakan makanan dan kudapan kamu untuk hari itu dengan memasukkannya ke dalam tas seperti Tupperware atau Ziploc yang dapat digunakan kembali.

Selamat mencoba dan merasakan manfaat dari makan lima kali sehari.

(eny/eny)