Jelang Kelahiran Bayi, Ini yang Perlu Disiapkan Calon Ibu

Abu Ubaidillah - wolipop Minggu, 31 Jan 2021 16:03 WIB
Ibu hamil Foto: Shutterstock
Jakarta -

Menjelang due date kelahiran bayi, ada berbagai persiapan yang harus dilakukan calon ibu maupun calon ayahnya. Baik persiapan sebelum, pada saat, hingga setelah melahirkan.

Alangkah baiknya persiapan-persiapan tersebut disiapkan jauh-jauh hari. Dengan demikian, calon ibu dapat fokus pada saat proses persalinan sehingga dapat berjalan lancar tanpa ada ketegangan.

Lalu, apa saja hal-hal yang perlu dipersiapkan jelang kelahiran sang buah hati? Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah daftarnya.

1. Ikut Kelas Persiapan Melahirkan

Jauh-jauh hari sebelum due date, calon ibu dapat mengambil kursus persiapan melahirkan. Di kursus ini calon ibu bisa belajar pengetahuan dasar tentang persalinan normal atau caesar.

Semakin banyak pengetahuan calon ibu mengenai persalinan, maka semakin baik pula kesiapan calon ibu jelang persalinan nantinya. Sebab pasca melahirkan, ada berbagai perubahan yang mungkin dialami oleh seorang ibu, terutama dari segi fisik.

2. Belanja Barang Kebutuhan Bayi

Sebelum sibuk mempersiapkan persalinan, alangkah baiknya barang kebutuhan bayi disiapkan terlebih dahulu. Terutama baju, selimut, kaos kaki, sarung tangan, pampers, perlengkapan makan dan minum, hingga perlengkapan mandi dan perawatan bayi yang perlu dibawa saat persalinan.

Selain itu, berbagai perlengkapan tambahan lainnya juga perlu dipersiapkan. Misalnya tempat tidur, kasur, stroller, ayunan, serta perlengkapan mainan bayi.

3. Packing Barang

Jangan lupa packing barang yang diperlukan saat persalinan di rumah sakit nantinya. Sebaiknya packing dilakukan jauh-jauh hari agar tidak gelagapan ketika hendak bersalin.

Barang-barang yang perlu dibawa di antaranya dokumen identitas diri calon ibu dan perlengkapan untuk ibu. Selain itu, perlengkapan bayi yang habis dibeli juga perlu dibawa, misalnya selimut, topi, sarung tangan, kaos kaki, baju, dan pampers.

Bagi yang ingin membeli perlengkapan bayi, bisa membelinya di Tokopedia. Apalagi saat ini ada Tokopedia Parents yang tengah memberikan diskon untuk transaksi pembelian berbagai perlengkapan untuk buah hati.

Calon ayah dan ibu bisa mendapatkan cashback 50% dengan menemukan kode promo tersembunyi di Instagram @tokopedia.parents. Selain itu, ada juga cashback hingga Rp 100 ribu, flash sale serba Rp 50 ribu pukul 09.00-12.00 WIB, dan flash sale serba 100 ribu pada pukul 18.00-21.00 WIB.

(prf/eny)