YouTuber Dihujat karena Dianggap Gagal Diet, Cuma Turun 5 Kg dalam 3 Bulan

Hestianingsih - wolipop Rabu, 09 Des 2020 17:11 WIB
Holy beauty vlogger asal Korea Selatan Holy beauty vlogger asal Korea Selatan. Foto: Instagram/@h.olys, Koreaboo
Jakarta -

YouTuber Korea Selatan, Holy, jadi sasaran kejulidan netizen karena masalah berat badan. Wanita yang dikenal sebagai beauty guru itu dianggap gagal mencapai target diet yang membuatnya di-bully dan dapat kritikan pedas.

Kasus ini bermula saat Holy mencoba membuat konten berbeda dari yang biasa dia lakukand di dunia kecantikan. Holy sendiri populer sebagai beauty vlogger yang selalu menyajikan tutorial makeup inspiratif.

Ingin menampilkan konten berbeda di media sosial, YouTuber dengan 592 ribu subscriber ini berkolaborasi dengan YouTuber lainnya, JJ, yang dikenal sebagai health dan fitness enthusiast. Keduanya membuat program 'Save Me Fat', yang mendokumentasikan perjalanan Holy menurunkan berat badan selama tiga bulan.

Video yang tayang sebanyak 11 episode itu mengabadikan transformasi Holy selama dia menjalani program diet dan fitnes yang dirancang JJ. Setelah tiga bulan, perubahan tubuh Holy pun ditayangkan dalam episode terakhir program 'Save Me Diet'.

Holy tampil mengenakan crop top dan legging hitam, serta pulasan makeup yang mempercantik wajahnya. Rambutnya tampak digerai dengan tatanan acak.

Holy beauty vlogger asal Korea SelatanHoly beauty vlogger asal Korea Selatan. Foto: Instagram/@h.olys, Koreaboo

Bukannya pujian yang datang karena berhasil menurunkan berat badan, Holy justru dihujat netizen. Mereka kecewa karena bobot dan transformasi tubuhnya tak berubah drastis.

Selama tiga bulan menjalani diet dan fitnes, berat badan Holy hanya turun sebanyak 5,4 kg. Netizen pun mengritik Holy tidak benar-benar serius menjalankan programnya. Jika memang serius, mereka menilai bobot sang YouTuber tentu bisa berkurang lebih dari itu. Bahkan ada pula yang menganggap program 'Save Me Fatal' sebagai kegagalan.

"Kalau kamu cuma turun 5,4 kg dalam 3-4 kg, itu berarti namanya gagal," komentar netizen.

"Bagaimana kamu bisa bilang ini sebuah kesuksesan," tulis netizen lainnya.

"Ini adalah usaha diet yang paling malas," kata netizen lagi.

Banyaknya kritik yang datang membuat JJ angkat bicara. YouTuber yang juga pelatih fitnes pribadi ini menyatakan bahwa semua itu adalah kesalahannya.

"Semua kesalahan dan kekecewaan seharusnya ditujukan pada saya. Saya yakin sebagai pelatih, saya yang harus bertanggungjawab. Saya minta maaf atas kekecewaan yang ditimbulkan," ujarnya, seperti dikutip dari Koreaboo.

Holy beauty vlogger asal Korea SelatanHoly beauty vlogger asal Korea Selatan Foto: Instagram/@h.olys, Koreaboo

Sementara Holy, awalnya memilih bungkam, namun setelah dua minggu dia akhirnya menanggapi kontroversi sengit yang timbul akibat program 'Save Me Fat'. Holy menuliskan perasaannya dalam kolom komentar video permintaan maaf JJ di YouTube.

Holy menyatakan tidak tahan dengan hujatan netizen yang dialamatkan padanya terkait program diet dan fitnes yang dijalani. Dia bahkan mengaku sempat tidak berani keluar rumah.

"Kata-kata seperti 'tidak bertanggungjawab', 'bodoh' dan 'lemah' adalah yang paling sulit untuk diterima. Lebih dari apapun, saya minta maaf teramat sangat pada keluarga, teman-teman, rekan kerja yang wajahnya terekspos (karena kasus ini). Bagi kalian yang menyemangati dan menyayangi saya, saya minta maaf," pungkasnya.

(hst/hst)