14 Manfaat Bunga Lawang Bagi Kesehatan, Bisa Tangkal Virus

Lukita Wardani - wolipop Jumat, 30 Okt 2020 11:49 WIB
Manfaat bunga lawang. Foto: Getty Images/iStockphoto/sivarock Manfaat bunga lawang. Foto: Getty Images/iStockphoto/sivarock

8. Pencegahan Peradangan

Bunga lawang merupakan antioksidan dan anti inflamasi yang kuat. Efek ini menghambat aktivasi beberapa senyawa pro-inflamasi dalam sistem kekebalan. Manfaat bunga lawang juga mencegah aterosklerosis, reumatik, bronkitis dan penyakit radang lainnya.

9. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Antioksidannya yang kuat memungkinkan bunga lawang mencegah akumulasi radikal bebas berbahaya dan membantu meningkatkan kesehatan jantung. Meski penelitian terbatas, beberapa riset menunjukkan hasil yang menjanjikan tentang potensi tanaman ini untuk sistem kardiovaskular.

10. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Medical Virology menemukan bahwa kombinasi asam shikymic dengan vertcetine, sejenis pigmen tumbuhan alami, dapat meningkatkan produksi sel kekebalan secara signifikan. Kandungan yang ada di bunga lawang ini dapat menangani berbagai gejala flu seperti demam, nyeri otot, dan kelelahan.

11. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kandungan fenil propanoid pada bunga Lawang bisa bermanfaat menjaga kadar gula darah tetap normal. Dalam penelitian pada hewan tahun 2015 di India, fenil propanoid dapat mengontrol kadar gula darah dengan mengatur beberapa enzim utama yang terlibat dalam metabolisme karbohidrat. Keunggulan bunga lawang ini bagus untuk penderita diabetes.

12. Meningkatkan Kesehatan Ibu Hamil

Selain meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, bunga lawang dapat bermanfaat mengatasi berbagai penyakit selama masa kehamilan. Bahkan, ibu menyusui juga bisa mencoba bunga lawang untuk meningkatkan produksi ASI. Senyawa antehole pada bunga lawang memiliki karakteristik yang mirip dengan hormon estrogen, yaitu dapat mengatur fungsi hormon pada wanita.

13. Sehat untuk Kulit

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, bunga lawang dapat melawan radikal bebas pada tubuh, tidak terkecuali pada kulit. Bunga lawang dapat membantu mengurangi munculnya kerutan, meningkatkan kekenyalan kulit, serta menutupi lesi dan flek pada wajah.

14. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Bunga lawang termasuk rempah yang kaya serat. Bunga lawang pun bisa bermanfaat untuk diet. Bukan hal baru bahwa serat mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan, seperti mengatasi perut kembung, kram dan sembelit. Serat mampu mengurangi dan melunakkan tinja sehingga mencegah kamu dari sembelit

Itulah 14 manfaat bunga lawang untuk kesehatan. Kamu dapat menggunakan bunga lawang untuk mengatasi masalah pencernaan hingga menjaga kekebalan tubuh.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Ada-ada Saja! Arief Muhammad Jual Udara Las Vegas"
[Gambas:Video 20detik]

(eny/eny)