5 Manfaat Bunga Matahari yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Puti Yasmin - wolipop Selasa, 01 Sep 2020 17:12 WIB
Bunga Matahari Bermekaran di Jerman Foto: AP/Matthias Schrader/5 Manfaat Bunga Matahari yang Jarang Diketahui Banyak Orang
Jakarta -

Bunga matahari memiliki bentuk yang cantik dan menarik. Ternyata, di balik kecantikan itu ada banyak manfaat bunga matahari yang jarang diketahui banyak orang.

Tanaman dengan nama latin Helianthus annuus L ini pertama kali ditemukan di Amerika bagian Utara. Bunga ini bisa tumbuh dan memiliki tinggi mencapai 3 meter hingga 5 meter.

Bunga Matahari Bermekaran di Jerman5 Manfaat Bunga Matahari yang Jarang Diketahui Banyak Orang Foto: AP Photo/Michael Probst

5 Manfaat Bunga Matahari:

1. Manfaat Bunga Matahari untuk Kecantikan

Minyak bunga matahari bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit dengan cara mengoleskannya di badan dan rambut Hal ini sudah dilakukan sejak zaman dulu oleh bangsa Yunani dan Romawi kuno.

Minyak dari bunga matahari diketahui mengandung vitamin dengan antioksidan yang tinggi sehingga bisa menghambat radikal bebas yang bisa merusak sel kulit. Ada juga vitamin E yang dapat mencegah penuaan.

2. Manfaat Bunga Matahari untuk Pertanian

Para petani biasa mengolah daun-daun bunga matahari yang kering sebagai pupuk hijau guna menyuburkan tanaman. Pasalnya, tumbuhan ini diketahui mengandung kadar kalium yang sangat tinggi dan bisa merangsang pertumbuhan tanaman.

3. Manfaat Daun Bunga Matahari

Selain bisa menjadi pupuk tanaman, daun atau kelopak bunga matahari juga banyak dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Bahkan, di luar negeri para petani mengolah daun bunga matahari untuk makanan burung.

4. Manfaat Bunga Matahari bagi Kesehatan

Bunga matahari juga memiliki dampak positif bagi kesehatan bila dikonsumsi. Dikutip dari buku 'Hidup Sehat dengan Toga' karya Lia Ernawati, rebusan bunga matahari bisa mengatasi sakit kepala.

Selain itu, rebusan air bunga matahari juga bisa mengurangi keluhan dari sakit rematik dan juga keputihan. Caranya dengan merebus kepala bunga matahari dan menempelkannya pada bagian yang sakit. Sedangkan untuk keputihan bisa direbus dengan akar, daun beluntas, tapak liman, dan daun seribu segar.

5. Manfaat Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari ternyata bisa diolah menjadi minyak. Sebab, sebesar 48% cangkang biji tersebut mengandung minyak yang bisa diolah dan dikonsumsi oleh manusia.

Dikutip dari buku 'Rahasia Bunga Matahari' terbitan Elex Media Komputindo, minyak bunga matahari mengandung asam linoleat yang bagus untuk otak. Selain itu, asam linoleat juga termasuk dalam lemak tak jenuh sehingga baik untuk kesehatan manusia.

Bunga Matahari Bermekaran di Jerman5 Manfaat Bunga Matahari yang Jarang Diketahui Banyak Orang Foto: AP/Matthias Schrader

Namun bunga matahari juga punya sisi negatif:

1. Bijinya Tinggi Kalori


Seperti dilansir Healthline, biji bunga matahari mengandung kalori dalam jumlah tinggi. Jadi jangan dikonsumsi secara berlebihan. Apalagi jika cangkang biji tersebut bersalut garam. Biasanya orang akan mengisap cangkang yang asin tersebut sebelum membukanya.


2. Kandungan Kadmium dalam Biji Bunga Matahari


Salah satu alasan mengonsumsi biji bunga matahari tak boleh dalam jumlah banyak adalah kandungan kadmium. Menurut artikel berjudul "Cadmium bioavailability from edible sunflower kernels: a long-term study with men and women volunteers" yang dimuat dalam jurnal Environmental Research, biji bunga matahari mengandung kadmium lebih tinggi dari makanan lainnya. Pasalnya, bunga ini cenderung mengambil unsur kadmium dari tanah kemudian disimpan di biji.

Selamat mencoba manfaat bunga matahari ya!



Simak Video "Awasi Tanaman Hiasmu dari Pencuri"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)