Jadi Kontroversi, Pantone Rilis Warna Baru Terinspirasi Darah Menstruasi

Hestianingsih - wolipop Kamis, 01 Okt 2020 09:56 WIB
Ilustrasi pembalut Period, warna baru Pantone yang terinspirasi dari darah menstruasi. Foto: Dok. Pantone
Jakarta -

Pantone merilis warna baru yang menimbulkan kontroversi. Perusahaan yang menentukan tren warna setiap tahunnya ini menambahkan satu warna ke dalam koleksinya yang diberi nama Period.

Period merupakan salah satu varian warna merah yang terinspirasi dari darah menstruasi. Pantone mendeskripsikan warna ini sebagai 'warna merah yang aktif dan menantang'.

Warna ini diluncurkan sebagai langkah Pantone untuk membantu para wanita yang mengalami menstruasi agar berani dan merasa bangga dengan dirinya sendiri. Sebab tidak jarang wanita yang mengalami pelecehan atau merasa malu saat menstruasi.

Namun warna baru ini mendapat kritikan dari netizen. Banyak yang menilai warna tersebut tidak merepresentasikan darah menstruasi yang sebenarnya.

"Kalau darah mens kamu berwarna seperti itu kamu harus segera cari pertolongan medis," tulis salah satu netizen.

Namun menurut Pantone warna tersebut tidak harus sama dengan darah menstruasi yang sesungguhnya. Pantone menyatakan, menciptakan warna yang terinspirasi dari darah menstruasi dan menamainya dengan Period akan berperan besar dalam melawan stigma dan tabu yang selama ini beredar terkait dengan menstruasi pada wanita.

Warna ini pun merupakan bentuk kolaborasi dengan produk kewanitaan asal Swedia, Intimina, untuk mendukung kampanye mereka Seen+Heard. Intimina sendiri mendeskripsikan Period sebagai warna merah asli yang merepresentasikan 'aliran yang stabil'.

[Gambas:Instagram]



"Kita mungkin hidup di abad 21, tapi sikap terhadap menstruasi sudah sangat ketinggalan zaman dan didukung oleh sebuah tabu di kebudayaan tertentu yang menganggapnya misterius, memalukan dan dibuat bercandaan," demikian ditulis Intimina dalam blog resminya.

Sebagai bagian dari kampanye tersebut, Intimina dan Pantone ingin lebih mengangkat isu tentang menstruasi agar dipandang secara normal. Bahwa menstruasi pada wanita adalah salah satu bentuk fungsi tubuh.

"Warna Period adalah palet merah yang berenergi dan dinamis yang digunakan sebagai warna banner untuk kampanye Seen+Heard," lanjut Intimina.

Sementara itu Global Manager Intimina Danela Zagar, menjelaskan bahwa warna merah Period yang dihadirkan Pantone memang sangat mewakili tujuan dari kampanye Seen+Heard.

"Membuat menstruasi lebih diperhatikan, mendorong diskusi positif dan menormalisasi menstruasi dalam budaya, lingkungan dan kehidupan kita sehari-hari," pungkasnya, seperti dikutip dari Metro.co.uk.

(hst/hst)