Viral Tren Meratakan Gigi dengan Pengikir Kuku di TikTok, Bikin Ngilu

Hestianingsih - wolipop Jumat, 18 Sep 2020 10:58 WIB
Portrait of a beautiful young woman flossing her teeth in the bathroom at home Foto: dok. iStock
Jakarta -

Belakangan ramai di TikTok para wanita mengikir giginya sendiri dengan pengikir kuku. Mereka mengunggah video yang memperlihatkan aksinya menggosok-gosokkan alat tersebut di tepian gigi bagian depan.

Cara ini dipercaya dapat membuat gigi terlihat lebih rata dengan biaya terjangkau. Tak perlu ke dokter gigi dan bisa dilakukan di rumah.

Entah siapa yang pertama kali memulai tren ini hingga jadi viral, yang jelas, meratakan gigi sendiri dengan pengikir kuku sangat tidak disarankan. Para dokter gigi pun khawatir jika semakin banyak orang menirunya karena bisa berakibat fatal.

Dokter gigi Sunny Sihra menjelaskan bahwa mengikir gigi dengan cara seperti itu akan menimbulkan kerusakan permanen pada struktur gigi secara keseluruhan. Akibat terburuknya, gigi tidak akan bisa diperbaiki seperti kondisi semula.

"Bisa menyebabkan kerusakan permanen pada struktur dan enamel di sekitar tepian gigi. Enamel gigi tidak bisa tumbuh kembali jadi kerusakannya tak bisa diperbaiki," jelas Sunny seperti dikutip dari Metro.co.uk.

Tren Meratakan GigiTren Meratakan Gigi Foto: Dok. TikTok

Dia juga menerangkan bahwa prosedur pembentukan gigi hanya boleh dilakukan oleh tenaga profesional dengan peralatan yang sudah disterilkan. Jika gigi sudah terlanjur rusak karena pengikiran sendiri di rumah maka cara untuk memperbaikinya hanya dengan perawatan rutin ke dokter gigi.

"Kalau kamu mengikir gigi agar panjangnya rata, gigi tidak akan kuat dan sehat dalam waktu lama dan mungkin akan terjadi berbagai masalah nantinya," tambah Sunny.

Masalah pada gigi akibat prosedur berbahaya ini bisa bermacam-macam. Mulai dari rusaknya jaringan atau enamel, gigi jadi lebih sensitif hingga sakit gigi berkepanjangan.

"Mengikir gigi, jika tidak dilakukan secara profesional oleh dokter gigi, bisa membuat gigi retak bahkan membuat akar gigi lebih mudah terkena infeksi yang tidak hanya menimbulkan sakit tapi juga hilangnya tulang. Dokter pun harus kerja keras memperbaikinya," ujar Dr. Kailesh Solanki.

Ditambah lagi jika terjadi retakan di bagian bawah gigi, bukan tidak mungkin akan melebar hingga ke bagian atas sampai mencapai dekat akar. Jika sudah begitu maka kerusakan tidak dapat dihindari lagi.

@millennial_rdh

Is filing your teeth safe? @acerendulicc ##dentist ##teeth ##filingdown ##duet

♬ original sound - millennial_rdh



Simak Video "Gigi Hadid Unggah Foto Maternity dengan Gaun Transparan"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/eny)