Setelah Rapi dengan Behel, Ini Perawatan Gigi yang Jadi Favorit

- wolipop Jumat, 16 Jan 2015 10:43 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta -

Perawatan gigi umumnya lebih diutamakan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut, serta memperbaiki kerusakan misalnya gigi berlubang atau berkarang. Namun kini banyak orang melakukan perawatan gigi untuk keperluan estetika. Gigi yang putih dan bersih dinilai membuat wajah seseorang lebih menarik dan cantik.

"Setelah gigi nggak bolong dan sakit lagi, orang maunya merapikan dan buat gigi lebih putih. Pasien-pasien sekarang setelah meratakan gigi rata-rata minta diputihkan giginya," ujar Drg. Hilly Gayatri, saat ditemui Wolipop di The Cloud Lounge, The Plaza Office Tower, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (15/1/2015).

Sejumlah studi pun mengungkapkan bahwa senyum yang indah membuat orang terlihat lebih menarik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Oral-B, gigi yang putih bersih bisa meningkatkan daya tarik seseorang hingga 20 persen dan membuatnya tampak lima tahun lebih muda.

Polling yang dilakukan situs perjodohan situs Match terhadap 5000 pria dan wanita juga menunjukkan bahwa senyum yang indah menjadi urutan pertama dalam mengukur kekuatan daya tarik seseorang. Di dunia kerja, gigi putih pun bisa meningkatkan potensi diterimanya seseorang saat melamar.

Dalam penelitian yang sama oleh Oral-B, gigi putih bersih bisa meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan hingga 10 persen. Hampir satu dari tiga pria menganggap gigi yang putih menyimbolkan kekayaan dan status sosial, serta menambah kesan tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

Menurut laporan berjudul 'What is The Truth Behind Cosmetic Dentistry' oleh Dr. Fred H. Peck, disebutkan juga bahwa 96 persen orang dewasa setuju senyum yang memikat lebih menarik dari lawan jenis. Selain itu sembilan dari 10 orang menilai orang dengan gigi putih lebih atraktif.

"Ada penelitian yang memakai pengukur detak jantung, orang yang giginya lebih putih menimbulkan detak jantung yang lebih tinggi (terhadap orang lain yang melihatnya)," tutur Essy Prita Cinta, assistant brand manager CloseUp.

Hal ini pun diamini beauty blogger dan pengusaha kecantikan Harumi Sudrajat. Menurutnya gigi putih merupakan simbol orang sehat dan menunjukkan bahwa orang tersebut rajin merawat diri hingga ke bagian yang paling detail.

"Orang langsung pikir, gigi putih pasti sehat," tutupnya.

(hst/fer)