Ngeri, Tren Membuat Kawat Gigi Sendiri di Kalangan Remaja

Hestianingsih - wolipop Rabu, 02 Nov 2016 14:59 WIB
Foto: Youtube
Jakarta - Video tutorial DIY (do it yourself - membuat sendiri) menjadi salah satu tren yang cukup populer dan banyak beredar di Youtube. Mulai dari cara membuat masker wajah sendiri, mainan populer 'slime', nail art hingga membuat clutch bag. Semua video itu terlihat normal, sampai Anda mendengar tren DIY yang satu ini.

Belakangan ini muncul tren di kalangan remaja yang memakai kawat gigi buatannya sendiri. Tren yang banyak beredar di Youtube ini memperlihatkan remaja --sebagian besar remaja putri-- memperlihatkan step-by-step membuat 'kawat gigi' yang mereka klaim bisa meratakan gigi tanpa harus ke dokter dengan biaya mahal.

Alat-alat yang digunakan bervariasi, mulai dari karet rambut, klip kertas hingga lem super. Namun DIY membuat kawat gigi yang paling populer adalah dengan karet rambut.
Foto: Youtube

Entah dari mana datangnya ide sebuah karet gelang bisa membuat gigi menjadi rata atau merapatkan celah di antara gigi. Namun unggahan video 'DIY braces' termasuk salah satu yang cukup populer.

Dilansir Woman's Day, pencarian di Youtube dengan kata kunci 'DIY braces' menghasilkan 12.000 tautan. Banyak di antara video-video tersebut yang sudah dilihat ribuan kali. Channel Youtube bernama Shalom DeSota dengan judul video, 'Cheap easy braces!! Without going to the dentist!!!!!' bahkan sudah ditonton lebih dari 1 juta kali.

Dalam video, tampak seorang gadis remaja mempraktekkan cara membuat 'kawat gigi' murah meriah itu. Shalom memakai karet rambut berwarna hitam, dan mengguntingnya hingga menjadi seutas karet panjang.

Ia lalu menyelipkan karet ke sela-sela dua gigi depannya, menyilangkan ujung-ujung karet dan mengikatnya jadi sebuah simpul. Ditarik dan diikat lagi, begitu berulang-ulang sampai karet membentuk simpul yang lebih kecil.
Foto: Youtube

"Setelah itu gunting ujungnya dan karet siap dipakai. Ini akan sangat, sangat sakit. Aku tidak tahu dengan kalian tapi buatku ini benar-benar berhasil," ujar Shalom dalam video tutorial berdurasi sekitar 7 menit itu.

Shalom menginstruksikan untuk memakai karet tersebut minimal beberapa minggu, atau selama mungkin sampai hasilnya benar-benar terlihat. "Akan sangat sakit, terutama di hari-hari pertama... tapi jangan (menyerah), karena hasil akhirnya benar-benar sepadan," katanya.

Video yang jadi cukup viral itu pun mengundang reaksi sejumlah dokter spesialis gigi. Menurut mereka, membuat kawat gigi sendiri adalah ide yang sangat buruk dan mengerikan.
Foto: Youtube

"Dia memakai karet rambut! Dia tidak mengerti kalau tidak melakukannya dengan benar, dia gigi depannya bisa copot," ujar dokter gigi Dr Guy Deyton, saat melihat rekaman video.

Seperti dilaporkan ABC 13, sembarangan menggunakan alat pada gigi tanpa pengawasan dokter, bisa berakibat fatal. Mulai dari infeksi, cacat pada gigi hingga gigi copot permanen.

(hst/hst)