Gara-gara Pencet Jerawat, Seorang Remaja Alami Infeksi Otak

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 08 Sep 2020 10:31 WIB
Conceptual shot of Acne & Problem Skin on female face. Foto: Getty Images/iStockphoto/Boyloso
Jakarta -

Tidak memencet jerawat menjadi salah satu tips kecantikan klasik yang disarankan setiap pakar kulit. Selain bisa membuat kondisinya memburuk dan jerawat bertambah banyak, kebiasaan buruk itu juga dapat menimbulkan bahaya. Dalam beberapa kasus ekstrem, pencet jerawat sembarangan akan menyebabkan gangguan kesehatan pada organ lain. Seorang remaja pun dilaporkan menderita infeksi otak karenanya.

Seorang remaja 19 tahun bernama Yang dilaporkan memencet jerawat yang muncul di bagian hidung dengan tangannya sendiri. Tak lama kemudian ia mendapati efek samping mengejutkan yakni rasa sakit di sekitar mata kanan. Setelahnya, gadis asal China itu dibawa ke rumah sakit selagi matanya menjadi bengkak.

Sesampainya di sana, dokter mendiagnosa Yang menderita cavernous sinus thrombosis yang artinya ada penyumbatan darah di area tersebut dan berpengaruh ke otak, tepatnya di bawah rongga mata karena itu matanya jadi bengkak. Penyumbatan darah yang menyebabkan infeksi ke otak memang bisa menyebar melalui hidung, telinga atau gigi. Kondisi ini pun bisa dibilang cukup parah dan membahayakan nyawa meski sudah ditangani secepatnya.

Dokter menyatakan bahwa kondisi Yang ini berawal dari memencet jerawat di bagian ujung hidung yang memang sering disebut sebagai 'segitiga kematian'. Disebut demikian karena di area segitiga sekitar hidung sifatnya sensitif dan dapat menyebabkan bahaya kesehatan secara keseluruhan sehingga tidak disarankan untuk 'diganggu'.

Karena memencet jerawat, keadaan Yang dikatakan sempat kritis. Kepada Ningbo Evening News, Dr. Han Kun mengatakan gadis muda itu sempat mengalami demam hingga 39 derajat Celcius dan menunjukkan gejala meningitis. Namun setelah diberi perawatan antibiotik, Yang dilaporkan sudah lebih stabil.

Memencet jerawat apalagi jika dilakukan dengan tangan kotor dan bukan oleh ahlinya bisa cukup berbahaya. Dr Pimple Popper mengatakan jika skenario terburuk akibat kebiasaan buruk itu adalah inflamasi menyebar ke bagian dalam otak lalu menyebabkan kebutaan dan stroke. Untuk mengatasi jerawat terutama yang timbul di sekitar hidung, disarankan untuk menggunakan obat jerawat agar pembengkakan berkurang tapi jangan dipencet atau dicongkel.



Simak Video "Kisah Wanita yang Tampil Pede dengan Wajah Berjerawat"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)