Penyebab Wajah Jadi Bopeng-bopeng Setelah Sembuh dari Jerawatan Parah

Hestianingsih - wolipop Selasa, 08 Okt 2019 15:32 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Setelah sembuh dari jerawat, biasanya akan menyisakan masalah kulit lain, yakni bekas jerawat yang lebih sulit dihilangkan. Bekas jerawat yang kehitaman atau kemerahan umumnya bisa dipudarkan dengan mengoleskan obat topikal atau laser.

Namun untuk bekas jerawat berupa bopeng, akan lebih sulit menghilangkannya karena adanya kerusakan jaringan kulit. Bopeng atau acne scar bisa mengganggu kepercayaan diri karena membuat tekstur kulit terlihat kasar dan tidak rata.

Bopeng umumnya timbul setelah wajah berjerawat parah dan perawatannya ditangani dengan tidak tepat. Dokter kulit Shinta Damayanti, SpKK, menjelaskan penyebab terjadinya bopeng dan cara menghindarinya.


Penyebab Wajah Jadi Bopeng-bopeng Setelah Sembuh dari Jerawatan ParahFoto: iStock

"Akibat proses peradangan karena adanya bakteri. Paling sering terjadi (bopeng) pada jerawat yang ada nanahnya," kata dr. Shinta, saat acara media gathering ERHA Acneact Scar Treatment di Erha Derma Center Pondok Indah, Jakarta Selatan, Selasa (8/10/2019).

Wanita lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini juga menjelaskan bahwa bopeng terjadi karena pemencetan pada jerawat bernanah. Jerawat yang dipencet akan membuat lapisan epidermis tertarik ke dalam sehingga menimbulkan cekungan di permukaan kulit.
Penyebab Wajah Jadi Bopeng-bopeng Setelah Sembuh dari Jerawatan ParahFoto: iStock


"Paling sering karena dipencet-pencet atau manipulasi. Dipencet sendiri atau masih banyak jerawatnya kemudian dia facial," tuturnya.

Maka dari itu cara untuk mencegah kulit berjerawat meninggalkan bekas bopeng adalah dengan tidak menyentuh atau memencetnya ketika meradang. Cuci wajah dengan sabun atau pembersih berformula lembut dan gunakan obat totol mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide agar jerawat lebih cepat kempes dan mengering sehingga tak sempat menimbulkan bopeng.

Simak Video "Kisah Wanita yang Tampil Pede dengan Wajah Berjerawat"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)