Segitiga Berbahaya di Wajah Saat Berjerawat, Asal Pencet Berakibat Fatal

Silmia Putri - wolipop Senin, 18 Feb 2019 07:35 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images

Jakarta - Jerawat bisa dikatakan sebagai musuhnya wanita. Meski sebenarnya merupakan sesuatu yang lazim dialami baik oleh perempuan dan laki-laki, jerawat dianggap merusak penampilan.

Untuk itu, tak jarang orang-orang yang ingin melenyapkan jerawat dengan segera. Salah satunya dengan memencetnya. Padahal, memencet jerawat bukanlah sesuatu yang aman dilakukan sendiri.

Dalam dunia kecantikan, ada tiga titik di wajah yang berbahaya jika dipencet sembarangan. Tiga daerah itu disebut The Danger Triangle of Death. Titiknya adalah di tengah jarak ke dua alis, di sisi kanan bawah bibir dan sisi kiri bawah bibir.

Di dalam titik tersebut ada pembuluh darah vena yang terhubung langsung ke otak. Jika terjadi infeksi, penyebaran virus bisa langsung cepat menuju otak. Akibatnya bisa terjadi pergumpalan darah.

Segitiga Berbahaya di Wajah Saat Berjerawat, Asal Pencet Berakibat FatalFoto: Wikipedia
Menurut Sandra Lee, seorang Dermatologist asal Los Angeles, pengumpalan darah itu bisa menyebabkan stroke bahkan kematian. Beberapa kejadian naas pernah terjadi akibat salah memencet jerawat.

Tahun 2017, wanita bernama Katie Wright mencoba memencet jerawat di jidatnya. Namun, tiba-tiba ia merasakan darah melebar dan panas luar biasa. Dalam waktu satu jam, wajahnya membengkak.

Dilansir dari Metro, Katie merasakan sakit luar biasa, dan akhirnya memutuskan ke dokter. Menurut sang dokter, ia mengalami indeksi yang menjalah dari mata menuju otaknya. Jika tidak cepat ditangani, ia bisa mengalami kerusakan otak.

Kejadian seperti Katie bisa saja terjadi pada siapapun dan di manapun. Untuk itu berhati-hatilah dalam memencet jerawat. Jika memang perlu menghilangkan jerawat dengan cepat. Serahkan pada ahlinya.


(sil/ami)