Mengenal Diet Mayr, Diet yang Bantu Rebel Wilson Turun Berat Badan 18 Kg

Hestianingsih - wolipop Kamis, 03 Sep 2020 13:34 WIB
Penampilan Terbaru Rebel Wilson Rebel Wilson. Foto: Instagram
Jakarta -

Rebel Wilson berhasil menurunkan berat badan hingga 18 kg. Perjalanan diet bintang 'Pitch Perfect' ini belum selesai. Targetnya adalah mencapai bobot 74 kg hingga akhir tahun ini.

"2020 akan jadi tahun kesehatan," tulisnya di Instagram beberapa waktu lalu.

Salah satu metode yang dijalaninya untuk menurunkan berat badan adalah diet Mayr yang dikombinasikan dengan olahraga. Apa itu diet Mayr?

Seperti dikutip dari Today, pola makan Mayr sudah dikenal sejak hampir 100 tahun. Diet Mayr diciptakan oleh Franz Xaver Mayr, seorang pakar kesehatan asal Austria, pada 1920-an.

Metode diet Mayr fokus pada kesehatan usus dan kesadaran penuh saat makan. Inti dari diet ini adalah, ketika seseorang punya kondisi usus dan sistem pencernaan yang baik, maka tubuhnya juga akan sehat secara menyeluruh.

Rebel WIlsonRebel WIlson Foto: Instagram/@rebelwilson

Bagaimana Metode Diet Mayr Dilakukan?

Dr. Maximilian Schubert, direktur medis VivaMayr, klinik kesehatan yang mempromosikan diet ini menyarankan agar memulai diet Mayr dengan puasa selama beberapa hari. Setelah itu dilanjutkan dengan diet yang membatasi konsumsi makanan tertentu.

"Secara umum, langkah petama selalu pelan-pelan dan membatasi diet, untuk benar-benar menenangkan sistem tubuh, makan dengan bijak," jelasnya.

Diet ini juga melibatkan proses detoksifikasi dengan mengonsumsi vitamin atau suplemen untuk meminimalisir efek samping selama 'racun-racun' keluar dari sistem tubuh. Biasanya pelaku diet Mayr akan merasakan sakit kepala, mual, kram perut dan kelelahan.

Kondisi tersebut biasanya berlangsung selama tiga atau empat hari. Tapi setelah melewati fase itu, Maximilian mengklaim tubuh akan kembali pulih dan sehat.

Makanan yang Boleh Dikonsumsi saat Diet Mayr

Setelah puasa selesai, boleh makan seperti biasa. Secara umum tidak ada pantangan mengonsumsi makanan tertentu, tapi yang tidak boleh adalah susu sapi atau produk-produk olahannya. Sebagai pengganti susu sapi bisa mencari alternatif lain seperti susu atau krim nabati.

Diet Mayr juga merekomendasikan untuk konsumsi makanan tinggi alkaline seperti sayuran dan ikan-ikanan. Asupan karbohidrat diperbolehkan hanya saja jumlahnya sangat dibatasi. Diet ini juga tidak menyarankan untuk menghitung jumlah kalori pada makanan.

"Kami tidak terlalu suka menghitung kalori. Saya bisa saja memberi kamu satu sendok atau sendok makan minyak linseed yang kaya akan omega-3 tapi tinggi kalori, tapi kamu tidak akan jadi gemuk karena minyak itu. Kalori bukanlah penghitungan ideal untuk meningkatkan atau menurunkan berat badan," jelas Maximilian.

Rebel WIlsonRebel WIlson/ Foto: Instagram/@rebelwilson

Gaya Hidup Saat Menjalani Diet Mayr

Salah satu inti dari diet Mayr adalah gaya hidup dan cara makan. Diet ini mengharuskan kamu untuk mengunyah makanan 40-60 kali sebelum ditelan. Maximilian menyebut ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa mengunyah makanan berkali-kali dapat membantu penurunan berat badan.

"Metode ini menggunakan pendekatan makan yang lebih intuitif. Ketika kamu makan dengan penuh kesadaran, dan memberi waktu lebih lama untuk menikmati makanan yang disantap, selain itu juga untuk memperlambat waktu makan," tuturnya.

Kebiasaan lainnya yang harus diterapkan dalam diet ini adalah berhenti makan sesaat sebelum kenyang untuk mencegah makan berlebihan. Selain itu minum air putih di sela-sela jam makan dan berhenti makan setelah pukul 4 atau 5 sore.

"Beri jeda waktu empat sampai lima jam di antara jam makan agar tubuh bisa mencerna makanan dengan sempurna," pungkasnya.



Simak Video "Jalani Diet, Begini Potret Tubuh Langsing Rebel Wilson "
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)