Kembali Aktif Saat New Normal, Yuk Capai Tubuh Ideal Lewat Cara Ini

Inkana Putri - wolipop Rabu, 01 Jul 2020 11:43 WIB
Tubuh Ideal Foto: shutterstock
Jakarta -

Beberapa bulan beraktivitas dari rumah berpotensi membuat orang alami kenaikan berat badan karena saking bebasnya makan di rumah alias ngemil dan kurang aktif bergerak. Kini, setelah kembali aktif lagi di luar rumah saatnya mulai merencanakan untuk mencapai tubuh ideal yang memang jadi idaman banyak wanita.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memiliki tubuh ideal, namun salah satu cara yang termasuk mudah dan murah untuk dilakukan adalah diet. Diet pun memiliki berbagai cara yang sehat agar bisa menurunkan berat badan secara aman, seperti tidak melupakan serat, menghindari karbohidrat olahan, mengurangi makanan manis hingga sarapan tinggi protein seperti dikutip Healthline.

Head of Medical Marketing Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur menambahkan, untuk mendapatkan badan ideal yaitu dengan mengurangi jumlah kalori yang masuk atau diet seimbang. Anda tetap harus memastikan semua nutrisi seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral tetap dikonsumsi.

"Biasanya orang dewasa sehari mengkonsumsi 2500 kcal, untuk diet harus memangkas menjadi 1250 kcal," ujarnya kepada Wolipop baru-baru ini.

"Kalau kita hanya diet terhadap sesuatu hanya makan lemak atau sayur saja tentu tubuh tidak akan seimbang terutama jangka panjang. Mungkin diawal cocok dan berat badannya turun, tapi lama-lama pasti akan terjadi gangguan metabolisme karena tubuh akan kehilangan atau kekurangan zat gizi lain," imbuhnya.

Selain melakukan diet seimbang, hal lain yang tak kalah penting untuk mendapatkan tubuh ideal adalah dengan cara olahraga, menghindari stres, serta tidur cukup setiap harinya.

"Olahraga 30 menit sehari bisa pilih jogging, zumba atau berenang. Minum air putih yang cukup, jangan stres dengan cara cukup tidur 6-8 jam sehari. Hal-hal tersebut harus diperhatikan untuk dapat tubuh yang ideal," jelas dr Muliaman.

Saat mengatur pola makan, banyak orang mengira mengonsumsi banyak serat dapat membantu perut kenyang lebih lama. Padahal, ternyata tubuh kita juga perlu asupan lainnya. Protein, serat serta karbohidrat lepas lambat seperti isomaltulosa adalah nutrisi yang sangat berperan dalam mengontrol kalori yang masuk sehingga bisa mengontrol berat badan.

Lebih lanjut dr Muliaman menjelaskan patokan diet untuk menjaga dan menurunkan berat badan adalah dengan sarapan sekitar 300 kcal pada jam 7.00-8.00 pagi. Kamu bisa sarapan seperti bubur ayam, mie dan nasi goreng setengah porsi.

Kemudian jam 9.00 -10.00 jangan lupa camilan seperti buah-buahan dan jam 12-13 makan siang porsi lengkap yaitu dengan nasi 1 centong dengan 1-2 lauk sayur dan buah. Sementara pada jam 16.00 - 17.00, kamu bisa mengonsumi snack ringan seperti buah dan saat malam, bisa skip makan malam dan ganti dengan Slim&Fit susu satu gelas dan buah.

Slim&Fit bisa kamu konsumsi sebagai makanan pengganti saat sarapan, camilan atau makan malam yang mengandung gizi lengkap dan seimbang untuk diet. Satu gelas susu Slim&Fit mengandung kalori terkontrol 200 kcal yang bisa memberikan rasa kenyang lebih lama karena protein tinggi isomaltulosa, serat tinggi dan kalsium tinggi.



Simak Video "Merry Riana: Berpikir Positif di New Normal tapi Tetap Waspada"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/eny)