7 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah, Bisa Bikin Turun Berat Badan Lho

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 19 Jun 2020 05:36 WIB
Peeled garlic in bowl Manfaat Makan Bawang Putih Mentah / Foto: iStock
Jakarta -

Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang biasanya digunakan untuk memasak. Namun tak hanya itu saja, bawang putih juga ternyata memiliki manfaat lain ketika dikonsumsi mentah, tanpa dimasak. Bawang putih sendiri mengandung komponen-komponen yang baik bagi kesehatan tubuh, kulit, dan juga rambut. Dengan rutin mengonsumsi bawang putih setiap hari, tubuh akan terasa lebih sehat. Seperti dikutip dari Brightside, berikut ini 7 manfaat makan bawang putih mentah.

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat makan bawang putih mentah yang pertama adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Faktanya, bawang putih bisa membantu melindungi tubuh dari virus dan flu. Para peneliti telah mengatakan bahwa makan bawang putih secara rutin dapat membantu membuatmuu terhindar dari penyakit saat berada di kondisi cuaca dingin. Hal itu dikarenakan bawang putih mengandung banyak vitamin, asam amino, dan minyak yang bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, bawang putih juga mengandung allicin, sebuah zat yang dapat membunuh bakteri dan jamur.

Perlu diingat bahwa jika kamu ingin mendapatkan manfaat tersebut, maka kamu perlu mengonsumsi bawang putih yang segar. Zat allicin dalam bawang putih dibentuk ketika terjadi kerusakan mekanis pada sel tanaman, seperti ketika sedang dipotong atau ditekan. Saat bawang putih ditumbuk atau dihancurkan, komponen-komponen yang ada akan tercampur dan menghasilkan komponen anti mikroba. Namun jika kamu memanaskan atau memasaknya maka khasiat tersebut akan hilang.

2. Menstabilkan Tekanan Darah

tekanan darah rendahManfaat Makan Bawang Putih / Foto: iStock

Manfaat makan bawang putih yang kedua adalah untuk menstabilkan tekanan darah. Bawang putih dapat membantu melebarkan pembuluh dan mengurangi tekanan arteri. Hal itu akan membuat sakit kepala serta beban pada jantungmu menghilang. Cobalah untuk menambahkan konsumsi bawang putih pada makananmu jika kamu memiliki tekanan darah tinggi. Untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi, kamu harus mengonsumsi 4 siung bawang putih setiap hari.

Selain itu, bawang putih juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah sebesar 10 hingga 15%. Artiya, risiko untuk terkena penyakit jantung atau struk akan berkurang hingga hampir dua kali lipat.

3. Memperbaiki Ingatan

Manfaat makan bawang putih yang ketiga adalah untuk memperbaiki ingatanmu. Menurut sebuah teori, usia tubuh dan otak manusia disebabkan oleh reaksi oksidasi kimia di mana kita mengonsumsi makanan dan oksigen untuk menghasilkan energi. Namun sayangnya proses ini menghancurkan sel-sel dan seiring waktu kulit menjadi kendor dan otak berhenti menjadi setajam dulu. Antioksidan dapat membantu melawan oksidasi berlebihan dan membantumu agar tetap awet muda.

Bawang putih segar memiliki kandungan yang dapat mencegah otak dari penuaan. Orang lanjut usia yang makan bawang putih secara teratur dapat mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer. Sementara untuk orang yang lebih muda, rutin mengonsumsi bawang putih dapat meningkatkan daya ingat dan produktivitas otak.

4. Meningkatkan Stamina

Manfaat makan bawang putih yang keempat adalah untuk meningkatkan stamina. Jika kamu rajin berolahraga, maka makan bawang putih akan membantu meningkatkan hasilnya. Di zaman Yunani Kuno, banyak olahragawan di olimpiade yang makan bawang putih terlebih dahulu sebelum bersaing agar dapat berlari atau melakukan aksinya dengan lebih baik dibandingkan lawannya. Selain itu, makan bawang putih juga dapat membantu mengurangi kelelahan, meningkatkan produktivitas, dan menjaga kesehatan selama di musim dingin.

5. Menjaga Keindahan Rambut dan Kulit

-Manfaat Makan Bawang Putih / Foto: iStock

Manfaat makan bawang putih yang kelima adalah untuk menjaga keindahan rambut dan kulit. Kandungan dalam bawang putih bisa membuat rambut terlihat lebih panjang dan tebal. Bahkan makan bawang putih dipercaya dapat membantu memulihkan kondisi alopecia atau kebotakan. Sedangkan bagi kulit, makan bawang putih secara rutin, setidaknya 2 siung setiap hari dapat merangsang produksi kolagen alami dan elastin pada kulit. Selain itu kandungan yang terdapat di dalam bawang putih dapat membantu melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari.

6. Mengurangi Risiko Sakit Gigi

Manfaat makan bawang putih yang keenam adalah untuk mengurangi risiko sakit gigi. Bawang putih memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur yang baik bagi rongga mulut. Kandungan tersebut dapat membantu untuk membunuh mikroba berbahaya dan menyembuhkan gusi meradang pada mulut. Selain itu, makan bawang putih secara rutin juga dapat mengurangi risiko gigi berlubang, sehingga kamu tidak perlu sering-sering mengunjungi dokter gigi.

7. Mengurangi Berat Badan

Manfaat makan bawang putih yang ketujuh adalah untuk mengurangi berat badan. Bawang putih dapat membantu menghambat kenaikan berat badan ketika kamu mengonsumsi makanan yang tidak tepat dan tidak seimbang. Artinya bawang putih dapat membatu membakar kalori yang masuk ke dalam tubuh. Manfaat-manfaat itu bisa didapatkan jika kamu makan bawang putih secara rutin setiap hari.

Demikianlah beberapa manfaat makan bawang putih yang perlu kamu tahu. Namun perlu diingat juga bahwa bawang putih dapat menimbulkan beberapa kontra indikasi, seperti, jika terkena kulit, bawang putih dapat menyebabkan sensasi terbakar. Bawang putih juga merupakan racun bagi hewan, terutama anjing dan kucing. Dokter tidak merekomendasikan makan banyak bawang putih selama kehamilan dan menyusui. Juga bagi orang yang akan dioperasi, tidak diperbolehkan makan bawang putih selama 2 minggu sebelum operasi karena bawang putih dapat menyebabkan pendarahan.



Simak Video "Jalan-jalan Aman dengan Grab Wheels yang Dirindukan"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)