New Normal New Spirit

Cara Baru Pakai Toilet di Era New Normal untuk Cegah Penyebaran Virus

Hestianingsih - wolipop Jumat, 12 Jun 2020 16:09 WIB
In an public building are womans toilets whit black doors Ilustrasi toilet umum. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Toilet termasuk fasilitas di rumah maupun mall yang paling sering digunakan. Hal ini membuat toilet dan kamar mandi jadi tempat rentan terpapar virus Corona di masa pandemi seperti sekarang ini.

Kini dengan diangkatnya aturan lockdown dan pembatasan sosial saat masih ada penyebaran virus Corona, kebiasaan baru memakai toilet dan kamar mandi, pun harus disesuaikan. Sejumlah pakar pun membagikan tata cara menggunakan toilet saat berkunjung ke rumah orang atau di tempat umum saat era new normal agar terhindar dari virus Corona.

1. Tunggu 30 Menit Setelah Toilet Dipakai Orang Lain

Saran ini bisa diterapkan jika kamu berkunjung ke rumah kerabat, teman atau kenalan. Praktisi kesehatan Dr Lisa Ackerley menekankan pentingnya mengutamakan kebersihan dan jaga jarak meskipun berada di rumah orang yang kita kenal.

"Tunggu di luar sampai rute menuju kamar mandi kosong, jadi kamu bisa jaga jarak," katanya, seperti dikutip dari Daily Mail.

Sementara itu James Milnes, managing director Zoonos, penyedia produk sanitizer, menyarankan untuk menunggu 30 menit setelah seseorang menggunakan kamar mandi. Hal ini penting dilakukan untuk mengurangi risiko terpapar virus lewat udara. Sebab kamar mandi umumnya berukuran kecil dan lembap. Lingkungan yang 'sehat' bagi virus untuk tinggal.


2. Tinggalkan Barang-barang

Sebisa mungkin jangan membawa barang pribadi ke kamar mandi seperti ponsel, tas, dompet, dan sebagainya untuk meminimalisir penyebaran virus. Jika kamu masuk toilet umum di mal atau gedung publik, simpan semua barang di tas, dan gantung atau taruh tas di tempat yang telah disediakan.

3. Cuci Tangan Sebelum dan Setelah Pakai Toilet

Saran ini berlaku saat kamu berkunjung ke rumah teman ataupun mall. Dr Lisa menyarankan agar memakai hand sanitizer sebelum masuk toilet untuk memastikan kamu tidak menyebarkan virus saat menyentuh pegangan pintu dan flush. Setelah menggunakan toilet, cuci tangan selama 20 detik menggunakan sabun dan air.


4. Sedia Tisu Kering

Umumnya mall menyediakan tisu kering yang bisa digunakan setelah cuci tangan. Tapi ada baiknya jika kamu membawa tisu sendiri untuk mengurangi sentuhan ke benda-benda di tempat umum. Hal ini juga berlaku saat berkunjung ke rumah teman dan kenalan.

Mengeringkan tangan dengan tisu setelah cuci tangan lebih higienis ketimbang memakai handuk yang sudah berkali-kali disentuh orang. Begitu juga mesin pengering yang menurut penelitian sudah terbukti justru bisa menyebarkan bakteri dari air ketika digunakan.

"Gunakan tisu sekali pakai atau tisu toilet untuk menyalakan dan mematikan kran setelah cuci tangan. Lakukan hal yang sama saat memencet dispenser sabun," kata James.

5. Biarkan Tutup Toilet Terbuka

James menyarankan agar kamu membiarkan tutup toilet tetap terbuka setelah digunakan. Dengan begitu akan mengurangi jumlah orang yang menyentuh tutup atau dudukan toilet. Tapi saat menekan flush untuk menyiram, kamu tetap harus menutupnya, untuk mencegah virus dan bakteri menyebar lewat pusaran air. Setelah itu baru buka kembali.

"Untuk kesopanan terhadap tamu lainnya, bersihkan dudukan toilet dengan tisu basah antibakteri setelah digunakan," tutup James.



Simak Video "Merry Riana: Berpikir Positif di New Normal tapi Tetap Waspada"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)