Dokter Mandi Tanpa Sabun Selama 4 Tahun, Klaim Tubuhnya Tetap Wangi

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 29 Mei 2020 08:03 WIB
Ilustrasi mandi tanpa sabun Ilustrasi mandi tanpa sabun (Foto: iStockphoto)
New York City -

Mandi tanpa memakai sabun, mungkin ibaratnya seperti makan sayur tanpa garam. Namun, bagi sebagian orang, mandi tanpa sabun bukan masalah.

James Hamblin, seorang dokter asal New York, adalah salah satunya. Bahkan dalam pengakuannya di acara TV Inggris This Morning baru-baru ini, ia sudah empat tahun terakhir ini tak pernah lagi memakai sabun saat mandi. Ia cukup membasuh tubuhnya dengan air.

Dokter James Hamblin Mandi Tanpa SabunDokter James Hamblin mengaku sudah empat tahun terkahir mandi tanpa sabun. (Foto: Tangkapan Layar This Morning ITV/Daily Mail)



"Apakah Anda mandi pagi ini?" tanya sang presenter, Ruth Langsford. "Tidak. Saya hanya sedikit membasahi rambut lalu menyisirnya. Bukan mandi seperti biasanya," kata James seperti dikutip Daily Mail.

Sejauh ini, lanjut James, tidak ada masalah bau badan yang timbul. "Tubuhku tetap wangi. Memang butuh waktu agar terbiasa, tapi aku tidak bau," ungkap James yang juga mengklaim orang-orang di sekitarnya berpendapat demikian.



Ketika ditanya alasannya, James mengaku sedang melakukan eksperimen sekaligus menerapkan gaya hidup minimalis. Di saat yang bersamaan, saya juga belajar tentang mikroorganisme kulit," kata dia.

Menurutnya, kulit manusia memiliki jutaan mikroorganisme yang sangat menguntungkan. Mikroorganisme tersebut terancam hilang ketika tubuh terpapar sabun. "Jadi kenapa harus mencucinya jika itu sangat menolong kita?"




Simak Video "Perceraian Meningkat saat Pandemi, Ini Kata Dokter Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)