8 Camilan Buka Puasa Selain Gorengan yang Lebih Sehat

Hestianingsih - wolipop Selasa, 28 Apr 2020 16:30 WIB
asian muslim people praying before having their food in dining room together for break fasting Ilustrasi keluarga buka puasa. Foto: iStock
Jakarta -

Gorengan jadi camilan favorit banyak orang Indonesia saat buka puasa. Di balik rasa gurih dan nikmat, gorengan mengandung lemak trans yang bisa menambah kolesterol, dan tidak baik bagi kesehatan jantung.

Maka dari itu gorengan tidak disarankan dimakan setiap hari terlebih lagi saat berpuasa. Lantas apa saja camilan buka puasa selain gorengan? Ada alternatif camilan buka puasa selain gorengan yang lebih sehat.

Berikut rekomendasi delapan camilan buka puasa selain gorengan yang patut kamu simak.

1. Kurma

Ramadan dates or kurma for iftar in a box. Isolated on black, studio shot.Kurma, camilan buka puasa selain gorengan. Foto: Getty Images/iStockphoto/DejanKolar


Buka puasa dengan tiga butir kurma dan segelas air putih merupakan sunnah yang dicontohkan Nabi Muhammad. Selain cepat memberikan tenaga setelah seharian berpuasa, kurma juga kaya akan serat dan vitamin.

2. Kebab Mini

kebab istanbulKebab, camilan buka puasa selain gorengan. Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria


Kebab mini tidak perlu digoreng, hanya perlu dipanaskan di atas wajan dengan sedikit mentega atau butter. Kamu bisa membuat kebab mini sendiri di rumah dengan isian daging atau ayam, sayuran seperti selada dan tomat, bawang bombay, dan saus mayonnaise. Kebab mini mengandung protein dan serat sekaligus karbohidrat yang lebih bernutrisi ketimbang gorengan.


3. Buah Potong

buah-buahanBuah-buahan, camilan buka puasa selain gorengan. Foto: shutterstock


Buah potong bisa jadi alternatif camilan buka puasa selain gorengan. Kamu bisa memilih beberapa jenis buah favorit seperti buah naga, melon, semangka, anggur dan pir. Sediakan minimal tiga jenis buah dan potong-potong agar lebih praktis dinikmati.

Buah kaya akan serat, vitamin dan antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu buah-buahan juga mengandung air dan gula alami yang bisa menghidrasi sekaligus menambah energi setelah seharian berpuasa.

4. Roti Telur

french toastRoti telur, camilan buka puasa selain gorengan. Foto: iStock


Roti mengandung karbohidrat yang menyediakan energi bagi tubuh. Sementara telur kaya akan protein untuk memberi tambahan energi dan memberi rasa kenyang lebih lama.

Kamu bisa membuat camilan praktis buka puasa dengan kombinasi keduanya. Kocok 2 butir telur lalu tambahkan lada. Kemudian celupkan roti tawar ke dalam telur kocok, diamkan sebentar sampai seluruh bagian roti terendam, lalu masak di atas wajan yang sudah diolesi sedikit minyak atau mentega, bolak-balik, sampai kedua bagian berwarna kecokelatan.

Setelah matang potong bagian tengah roti secara diagonal untuk membentuk segitiga. Kamu bisa memberi parutan keju dan saus tomat di atasnya agar roti telur terasa lebih nikmat.


5. Pudding

PudingPudding, camilan buka puasa selain gorengan. Foto: shutterstock


Pudding terbuat dari agar-agar yang kaya akan serat. Kamu bisa membuat pudding susu yang dicampur dengan buah-buahan seperti anggur, stroberi dan jeruk mandarin. Selain segar dan enak dimakan sebagai camilan, pudding juga memberi rasa kenyang yang tak berlebihan.

6. Pisang dan Ubi Rebus

Sarapan rebusanRebusan pisang dan ubi, camilan buka puasa selain gorengan. Foto: iStock


Pisang dan ubi rebus bisa jadi alternatif camilan sehat untuk buka puasa yang praktis diolah. Pisang kaya akan potassium dan serat, sementara ubi mengandung karbohidrat kompleks dan juga serat.

Tidak semua jenis pisang enak diolah dengan direbus. Beberapa jenisnya yang bisa direbus adalah pisang kepok atau pisang tanduk.

7. Bubur Kacang Hijau

cara membuat bubur kacang hijauBubur kacang hijau, camilan buka puasa selain gorengan. Foto: iStock


Bubur kacang hijau bisa membantu memenuhi kebutuhan serat harian. Kandungan serat pada kacang hijau mencapai 15 gram dalam satu mangkuk hidangan. Sementara itu air rebusan kacang hijau mengandung vitamin C dan B. Usahakan tidak menambahkan terlalu banyak gula dan santan saat memasak bubur kacang hijau.


8. Kolak

kolak pisangKolak, camilan buka puasa selain gorengan. Foto: Kulinen/iStock


Pada umumnya kolak berisi labu, ubi, pisang, dan kolang-kaling. Semua bahan itu mengandung serat yang baik bagi pencernaan. Kandungan gula pada kolak bermanfaat memberikan energi pada tubuh setelah seharian berpuasa. Hanya saja batasi konsumsinya. Jangan berlebihan karena terlalu banyak makan gula dan santan juga kurang baik bagi tubuh.



Simak Video "LDR sama Keluarga, Bikin Hampers Sendiri Yuk! "
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)