Perlukah Pakai Masker Saat Naik Mobil Pribadi? Ini Penjelasan Pakar

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 15 Apr 2020 14:00 WIB
Woman in protective mask driving a car on road. Safe traveling. Foto: Getty Images/iStockphoto/Sasha_Suzi
Jakarta -

Pandemi Corona yang terus menyebar dan menginfeksi banyak orang membuat kita harus semakin berhati-hati dalam menjaga kesehatan. Oleh sebab itu, agar terhindar dari bahaya infeksi virus Corona, kita diwajibkan untuk mengikuti protokol pencegahan yang berlaku. Salah satunya adalah dengan penggunaan masker. WHO mengimbau masyarakat di seluruh dunia untuk memakai masker saat keluar rumah.

Tapi menurut salah satu postingan yang diunggah oleh Public Health Malaysia di akun media sosialnya di Facebook, kamu justru tidak perlu menggunakan masker saat berada di dalam mobil pribadimu sendirian ketika keluar rumah. Mengapa demikian?

Menurut pernyataan Public Health Malaysia yang diunggah pada 2 April 2020 itu, penggunaan masker di dalam kendaraan pribadi adalah sebuah kemubaziran. Jika kamu tidak memiliki gejala-gejala virus Corona maka akan lebih baik jika masker tersebut disimpan untuk hal yang lebih penting. Ada beberapa alasan yang melatar belakangi pernyataan tersebut, yaitu:

1. Kamu hanya sendirian di dalam mobil
2. Lebih penting untuk tidak menyentuh wajah dan menjaga kebersihan
3. Menggunakan masker di dalam mobil pribadi tidak mengurangi risiko terinfeksi.

Perlukah pakai masker saat naik mobil pribadi?Perlukah pakai masker saat naik mobil pribadi? Foto: Getty Images/iStockphoto/Sasha_Suzi



"Secara umum, jarak sosial lebih dari cukup. Tidak perlu memakai masker, tetapi beberapa dari kita melakukan pencegahan yang diberikan oleh otoritas kesehatan secara berlebihan," kata Direktur Jenderal Kesehatan, Dr Noor Hisham, seperti dilansir dari Star.

Seperti dikutip dari Gulf News, Dr Sandip Pargi, spesialis paru di rumah sakit Aster Mankhool juga mengatakan sesuai aturan yang berlaku, masker memang harus dikenakan oleh setiap orang yang akan pergi ke luar rumah. Tetapi menggunakan masker di dalam kendaraan pribadi hanya diperlukan jika kamu membawa orang lain atau penumpang di dalam mobil tersebut.

"Masker di dalam mobil akan diperlukan jika kamu memiliki penumpang di kursi belakang dan dengan jendela yang ditutup akan ada ancaman penyebaran jika seseorang bersin. Sebenarnya, hal itu tidak terlalu diperlukan jika kamu mengemudi sendirian dengan jendela yang ditutup. Namun jika sebelum kamu mengemudi sendirian ada orang lain yang masuk ke dalam mobilmu maka menggunakan masker dapat membantu," kata Dr Sandip.

Pendapat serupa juga dikemukakan oleh Dr. Loren Miller, seorang dokter dan peneliti di Lundquist Institute di Torrance, dan Chunhuei Chi, direktur Pusat Kesehatan Global di Oregon State University. Keduanya mengatakan bahwa tidak ada gunanya menggunakan masker saat mengendarai kendaraan pribadi, kecuali jika orang tersebut adalah supir taksi atau mengantarkan orang lain.



"Satu-satunya hal yang saya bisa pikirkan bagaimana hal itu mungkin membantu adalah jika seseorang bersin tanpa masker di dalam mobil. Mereka berpotensi mencemari dan jika itu dibagikan oleh orang lain, tangan mereka akan terkontaminasi dan menyentuh tangan, hidung, dan mulut mereka," kata Miller seperti dikutip dari Los Angeles Times.

Namun jika kamu hanya sendirian di dalam mobil pribadimu maka hal semacam itu tidak akan terjadi. Itulah mengapa kamu tidak membutuhkan masker penutup wajah jika berada di dalam mobil pribadimu sendirian.



Simak Video "Kesalahan-kesalahan yang Sering Dilakukan saat Pakai Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)
dMentor
×
Ciptakan Mental Baja Dalam Berbisnis
Ciptakan Mental Baja Dalam Berbisnis Selengkapnya