Apa Itu Meningitis? Gejala dan Fakta Meningitis yang Diderita Glenn Fredly

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 09 Apr 2020 12:01 WIB
Glenn Fredly dan Adera saat diitemui di Balai Sarbini. Glenn Fredly meninggal dunia setelah sebelumnya menderita meningitis. Foto: Palevi S/detikFoto
Jakarta -

Penyanyi Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu (8/4/2020). Sebelum meninggal, Glenn sempat dirawat di rumah sakit karena penyakit meningitis yang dideritanya. Menurut pihak keluarga, Glenn memang sempat mengeluh meningitis beberapa waktu lalu, namun masih mampu beraktivitas seperti biasanya. Sampai akhirnya, dirinya memutuskan untuk menjalani rawat inap satu bulan terakhir ini.

Apa itu penyakit meningitis? Seperti dikutip dari Columbia Neurology, meningitis adalah infeksi dan radang selaput (meninges) yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit meningitis dapat disebabkan oleh reaksi terhadap obat-obatan tertentu atau perawatan medis, penyakit radang seperti lupus, beberapa jenis kanker, atau cedera traumatis pada kepala atau tulang belakang. Namun yang menjadi penyebab paling umum adalah infeksi oleh virus, bakteri, parasit, atau jamur.

Gejala awal dari meningitis seringkali disalah artikan sebagaii flu. Gejala tersebut mungkin baru akan berkembang selama satu atau dua hari. Tetapi beberapa jenis meningitis dapat berakibat fatal hanya dalam 24 jam setelah gejala muncul.

Gejala meningitis di antaranya:

- Demam tinggi secara tiba-tiba,
- Sakit kepala parah
- Leher kaku
- Kejang
- Gangguan tidur, ingin tidur terus dan sulit bangun
- Sensitif terhadap cahaya.

Dan berikut ini 5 fakta meningitis yang perlu kamu tahu:

1. Penyakit meningokokus jarang terjadi, tetapi bisa mematikan. Seperti dikutip dari National Meningitis Association, sebanyak 10 hingga 15% kasus tersebut bisa menyebabkan kematian.

2. Sebanyak 19% penderita yang mampu bertahan akan hidup dengan cacat permanen, seperti kerusakan otak, kehilangan pendengaran, kehilagan fungsi ginjal, atau amputasi anggota tubuh.

3. Remaja dan dewasa muda adalah orang-orang yang berisiko besar terserang meningokokus.

4. Semakin cepat penyakit ini ditangani maka akan semakin bagus untuk mencegah risiko cacat hingga kematian. Mengingat meningokokus sering disalah artikan sebagai flu atau infeksi virus lainnya.

5. Pihak kesehatan merekomendasikan vaksinasi rutin terhadap empat dari lima serogroup (kelompok berdasarkan antigen yang dihasilkan) penyakit meningokokus utama (A, C, W dan Y) yaitu pada usia 11-12 tahun dan dengan tambahan booster pada usia 16 tahun. Orang dewasa muda yang berusia antara 16 hingga 23 tahun juga harus mulai bertanya mengenai vaksinasi serogroup B.

Itulah lima fakta dari penyakit meningitis yang perlu kamu ketahui. Jika kamu mengalami gejala meningitis maka segeralah berkonsultasi ke dokter.



Simak Video "BTS Masuk Daftar Selebriti dengan Bayaran Termahal di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)