Tanpa Kamu Sadari, 12 Tempat Umum Ini Menyimpan Paling Banyak Bakteri

Vina Oktiani - wolipop Sabtu, 21 Mar 2020 11:31 WIB
Hand pressing the button in the elevator in front view Di tengah wabah virus corona, kamu perlu tahu tempat yang paling banyak virus dan bakteri. (Foto: Getty Images/iStockphoto/oppos)
Jakarta -

Penyebaran Covid-19 atau virus Corona yang semakin meningkat membuat kita semakin waspada dan berhati-hati dalam menjaga kesehatan.

Seperti yang diketahui, virus Corona atau Covid-19 dapat ditularkan melalui cairan yang dikeluarkan oleh orang yang terinfeksi melalui bersin atau batuk. Saat orang yang terinfeksi tersebut batuk atau bersin maka cairan yang mengandung virus dapat menempel pada permukaan di sekitarnya dan bertahan hingga beberapa jam.

Tanpa Kamu Sadari, 12 Tempat Umum Ini Menyimpan Paling Banyak BakteriFoto: Getty Images/iStockphoto/oppos



Jika kamu menyentuh permukaan yang sudah terinfeksi tersebut maka virus dan bakteri yang berada di sana bisa berpindah ke tanganmu. Dan setelah virus tersebut menempel pada tanganmu maka kamu kemungkinan besar dapat ikut terinfeksi. Hal ini dikarenakan sudah menjadi kebiasaan manusia untuk sering menyentuh wajah. Saat kamu menyentuh wajah menggunakan tangan yang kotor, maka saat itulah kamu berpotensi besar untuk terinfeksi.

Sebagian besar penyakit atau virus dikabarkan terjadi atau ditularkan dari manusia ke manusia. Itulah mengapa permukaan-permukaan yang sering disentuh oleh banyak orang berpotensi besar untuk menyebarkan kuman dan virus. Agar terhindar dari bahaya infeksi virus dan bakteri, berikut ini 11 tempat umum yang menyimpan paling banyak bakteri, seperti dikutip dari Reader's Digest Canada:

1. Pegangan tangan
2. Tombol lift
3. Pegangan tangan keranjang belanja
4. Buku menu restoran
5. Uang
6. Sakelar lampu
7. Tempat garam dan merica di restoran
8. Salad bar
9. ATM
10. Peralatan olahraga
11. Keran air
12. Gagang pintu

Tanpa Kamu Sadari, 12 Tempat Umum Ini Menyimpan Paling Banyak BakteriGagang pintu (Foto: Getty Images/webphotographeer)


Namun kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melindungi tubuh dan mencegah infeksi bakteri serta virus-virus tersebut. Berikut ini beberapa cara untuk mencegahnya:

1. Rutin Mencuci Tangan
Biasakan untuk selalu mencuci tanganmu sebelum memasak, makan, dan memasang lensa kontak. Begitupun setelah memasak, menggunakan toilet, menyentuh hewan, dan hal-hal lainnya yang berpotensi meningkatkan penyebaran virus. Kamu bisa menggunakan sabun apapun, tidak perlu menggunakan sabun anti bakteri selama kamu mengikuti anjuran yang benar.

2. Gunakan Hand Sanitizer
Jika kamu berada di tempat yang tidak memungkinkan untuk mencuci tangan, maka kamu bisa menggunakan hand sanitizer. Hand sanitizer mengandung alkohol yang dapat membunuh bakteri pada tangan. Jadi selalu sediakan hand sanitizer di dalam tasmu.

3. Jangan Menyentuh Wajah dengan Tangan
Tidak peduli seberapa banyak kamu mencuci tanganmu, jika kamu berada di tempat umum maka tanganmu pasti akan terkontaminasi dengan bakteri. Oleh sebab itu sangat penting untuk tidak menyentuh wajah dengan tangan. Jika kamu menyentuh mata, mulut, atau hidung dengan tangan, maka bakteri tersebut akan berpindah dan masuk ke dalam tubuh.

4. Hindari Toples Kue atau Wadah Makan Prasmanan
Toples kue atau makanan prasmanan yang bisa diambil berkali-kali dapat berpotensi besar menyebarkan virus. Walaupun terlihat bersih, namun kamu tidak akan mengetahui apakah orang yang mengambil makanannya sudah benar-benar mencuci tangannya dengan sabun terlebih dahulu atau tidak. Untuk itu agar terhindar dari bahaya penularan virus maka sebaiknya hindari toples kue atau wadah makanan prasmanan terlebih dahulu.




Simak Video "Tahu Nggak Sih? Ini Daya Tahan Virus Corona di Berbagai Benda"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)