Pejuang Bayi Tabung

Berkali-kali Gagal Inseminasi, Ini Cerita Manis Influencer Punya Anak Kembar

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 12 Mar 2020 17:31 WIB
faniemaulida Foto Fanie Maulida bersama suami dan kedua anak kembarnya. Foto: Dok. Instagram @faniemaulida.
Jakarta -

Inseminasi adalah sebuah teknik medis dalam membantu proses reproduksi dengan memasukkan sperma ke dalam rahim. Inseminasi dan bayi tabung adalah dua hal yang berbeda. Pada proses inseminasi buatan, pembuahan tetap terjadi dalam tubuh ibu. Sedangkan pada bayi tabung, pembuahan dilakukan di laboratorium.

Inseminasi dan bayi tabung, menjadi alternatif cara mendapat momongan ketika pasangan sudah menunggu lama untuk memiliki anak. Salah satu wanita yang pernah menjalani inseminasi dan bayi tabung ini adalah selebgram Fanie Maulida.

Berkali-kali Gagal Inseminasi, Ini Cerita Manis Influencer Punya Anak KembarFoto Fanie Maulida. Foto: Dok. Instagram @faniemaulida.


Wanita yang lahir di Aceh ini mengungkapkan ceritanya yang menanti buah hati. Fanie dan suami akhirnya dikaruniai anak, bahkan langsung mendapat anak kembar setelah empat tahun menikah.

Fanie bersyukur bisa hamil setelah berkali-kali mencoba inseminasi dan gagal. Wanita yang memiliki bisnis busana muslim itu pun berbagi kisah perjalanannya memiliki buah hati.

"Aku mulai program itu saat setahun menikah karena nggak hamil-hamil. Dari situ ada masalah kesehatan kita. Dan mulai inseminasi dan suntik macam-macam untuk memicu hormon. Tapi gagal setelah beberapa kali inseminasi, akhirnya kita memutuskan untuk IVF. Alhamdulillah punya anak kembar laki-laki dan perempuan, di usia pernikahan ke-4," ungkap Fanie saat ditemui Wolipop di Balai Kartini, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Berkali-kali Gagal Inseminasi, Ini Cerita Manis Influencer Punya Anak KembarFanie dan kedua anaknya. Foto: Dok. Instagram @faniemaulida.


Perjalanan Fanie melakukan inseminasi tidak hanya di Indonesia saja. Dia juga sampai terbang ke Penang, Malaysia untuk program memiliki anak melalui inseminasi.

"Dan akhirnya aku ke Penang, Malaysia aku jalani inseminasi lagi. Aku juga ke Singapura tapi gak sampai inseminasi, cuma dikasih obat-obatan. Dan gagal juga, itu jeda waktunya sekitar 3 tahunan. Aku bolak-balik dokter dari yang excited sampai yang capek sendiri," tuturnya.

Setelah berkali-kali gagal inseminasi, Fanie dan suami memutuskan menjalani program bayi tabung di sebuah rumah sakit di Penang. Dia memutuskan melakukan di Penang karena dulu informasi mengenai program bayi tabung di Indonesia belum sebanyak sekarang. Dan dulu soal bayi tabung masih dianggap tabu oleh beberapa kalangan.

Berkali-kali Gagal Inseminasi, Ini Cerita Manis Influencer Punya Anak KembarFoto Fanie Maulida. Foto: Dok. Instagram @faniemaulida.



Fanie mengetahui informasi mengenai bayi tabung di Penang dari blog influencer lainnya. Dia dan suami memantapkan hati menjalani program bayi tabung setelah melihat kisah sukses beberapa influencer.

"Alhamdulillah berhasil setelah empat tahun menikah. 2016 aku melahirkan, berarti pada 2015 aku programnya," jelas Fanie.

Fanie mengungkapkan perjalanan untuk sampai memiliki anak kembar ini memang tak mudah. Dia pun menjalani fase terberat beberapa kali, seperti ketika program inseminasinya gagal.

Beruntung di fase terberatnya itu, wanita kelahiran 27 Januari 1985 tersebut mendapatkan dukungan dari keluarga. Mamanya dan mertuanya tidak menekan Fanie untuk mempunyai anak.

"Aku dan suami bahkan di-support dana untuk program bayi tabung dan alhamdulillah berhasil. Karena bayi tabung itu kan tidak sedikit. Tapi rezeki insya Allah ada saja," pungkas ibu dari sepasang anak kembar bernama Jazea dan Jaziel itu.


Berkali-kali Gagal Inseminasi, Ini Cerita Manis Influencer Punya Anak KembarFoto Fanie Maulida. Foto: Dok. Instagram @faniemaulida.


Simak Video "10 Tokoh yang Paling Banyak Diikuti di Instagram"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)