Cerita Mahasiswa Undip yang Penurunan Beratnya Viral, Dulu 113 Kg Kini 74 Kg

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 12 Mar 2020 10:35 WIB
amal roem Foto Amal yang berat badannya dulu 113kg, kini 74kg. Foto: Dok. Twitter Theodoruzs @bukanmagadir.
Jakarta -

Pria yang bernama lengkap M. Ikhlasul Amal Roem atau biasanya dipanggil Amal atau Raden ini menjadi viral karena transformasinya setelah berhasil menurunkan berat badan. Unggahannya di Twitter yang memperlihatkan perubahan penampilannya sudah diretweet lebih dari 20 ribu kali dan diserbu berbagai macam komentar. Sebagian netizen memuji usahanya menurunkan berat badan, sebagian lagi menyatakan ketidakpercayaannya pada penampilan terkini Amal karena benar-benar bikin pangling.

"[ HOW I EXPRESS LOVE TO MYSELF AND HOW PUBERTY HIT ME LIKE A TRUCK ]



Sebuah utas tentang gimana gue memperbaiki diri sebagai bentuk self love dan survive dari bullyan in "a good ways," demikian bunyi tweet Amal di akunnya @bukanmagadir yang viral.

Dikonfirmasi Wolipop, Amal yang merupakan mahasiswa Universitas Diponegoro itu mengungkapkan pengalamannya bisa menurunkan berat badan sangat drastis. Amal termotivasi karena dulu kerap mendapatkan bully dari teman-temannya.

Cerita Mahasiswa Undip yang Penurunan Beratnya Viral, Dulu 113 Kg Kini 74 KgFoto Amal zaman SMA bersama temannya. Foto: Dok. Pribadi Amal.


"Dulu SMP dari awal udah kena bullying sama temen seangkatan sama kakak kelas. Dari barang yang sering dilempar-lemparin gitu sama diejek mereka gitu. Sama kakak kelas sempet dipalak beberapa kali juga. Dann waktu SMA lebih ke verbal sih, khususnya dari kakak kelas. Paling sering ya "gajah", "gendut", sama "kingkong" sih. Kebetulan dulu item banget juga soalnya haha," ungkap Amal saat dihubungi oleh Wolipop, Rabu (11/3/2020).

Amal sebelumnya bersekolah di salah satu SMA negeri di Pekalongan. Dan kini dia kuliah di Universitas Diponegoro Semarang, Fakultas ilmu Sosial Ilmu Politik.

Pria yang lahir pada 12 Juli 1999 ini menjelaskan foto dalam thread yang ia buat diambil dalam rentang waktu berbeda. Dua foto yang menampilkan berat badannya masih berlebih adalah saat dia SMA dan dua foto lainnya dibuatnya baru-baru ini. ada dua foto pada SIM dan ada dua foto yang ia ambil baru-baru ini.

Cerita Mahasiswa Undip yang Penurunan Beratnya Viral, Dulu 113 Kg Kini 74 KgFoto Amal zaman SMA bersama temannya. Foto: Dok. Pribadi Amal


Dulu memiliki berat badan berlebih, Amal mengaku dia terlahir dengan badan yang bongsor. Kedua orangtuanya juga memiliki badan besar.

"Kebetulan orang tua juga badan gede, mungkin karena keturunan akhirnya anak-anaknya juga sama. Berkali kali kena bullying di SMP sama SMA, akhirnya kuliah mutusin buat ngerantau sebagai bentuk keluar dari zona nyaman gitu," katanya.

Kini Amal sudah merasakan buah dari kerja kerasnya menurunkan berat badan. Mahasiswa yang aktif di kampus itu terpilih menjadi ikon di fakultasnya. Dia juga menjadi duta wisata kota Pekalongan.

Cerita Mahasiswa Undip yang Penurunan Beratnya Viral, Dulu 113 Kg Kini 74 KgAmal jadi duta pariwisata kota Pekalongan. Foto: Dok. Instagram @mrdikhe.



"Kebetulan satu tahun terakhir ini aku kepilih jadi Ambassador Fakultas kampusku, terus lanjut ikut Duta Wisata di Kota Pekalongan syukur menang. Lanjut ke provinsi Jawa tengah dapat harapan 1," ucap anak ketiga dari empat bersaudara itu dengan bangga.

Melalui thread di Twiternya @bukanmagadir, Amal pun berbagi tips bagaimana dia bisa sukses menurunkan bobotnya dari yang dulunya lebih dari 100 kg kini 74 kg. Salah satu tips dari Amal cukup unik.

"SELALU BELI PAKAIAN YANG LEBIH KECIL aka 1-2 NOMOR DI BAWAH ASLINYA. rada konyol, tapi ini bikin gue kepacu buat berubah juga. Gue tiap beli selalu ukurannya kekecilan biar kepacu bahwa "suatu saat gue bisa tuh make tuh pakaian," tulisnya.

Cerita Mahasiswa Undip yang Penurunan Beratnya Viral, Dulu 113 Kg Kini 74 KgFoto Amal kini berat badannya turun drastis. Foto: Dok. Twitter Theodoruzs @bukanmagadir.



Pria yang berusia 21 tahun itu juga mengatakan proses penurunan berat badan tidaklah mudah. Selain diet dan olahraga juga dibutuhkan ketekunan.

"Ketekunan pastinya, kalau diet pasti awalnya kayak gak keliatan padahal ya udah turun cuma belum dirasain aja. Entah di bagian mana itu," tulisnya lagi.

Amal pun mengajak agar setiap orang yang mempunyai badan gemuk atau kurus untuk lebih mencintai diri sendiri dan melakukan hal-hal yang bermanfaat.

"Yuk lebih mencintai diri sendiri gitu. Mencintai diri sendiri bukan berarti accepting yourself dan ga ngelakuin sesuatu untuk jadi lebih baik. Sekiranya bisa kita upgrade ke lebih baik, kenapa engga dicoba? toh yang dapat positifnya juga kita sendiri," pungkas Amal yang berencana ingin terjun di dunia broadcasting atau menjadi pramugara selepas kuliah.

Cerita Mahasiswa Undip yang Penurunan Beratnya Viral, Dulu 113 Kg Kini 74 KgFoto Amal jadi duta wisata kota Pekalongan. Foto: Dok. Instagram @mrdikhe.


Simak Video "Viral! Mahasiswi Di-bully Mirip Gajah Kini Jadi Cantik"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)