Kakak-Adik Terinfeksi Corona Terancam Penjara karena Nekat Naik Pesawat

Vina Oktiani - wolipop Selasa, 10 Mar 2020 16:40 WIB
tempat wisata dunia sepi karena virus corona Virus corona sudah menyebar ke seluruh dunia. Foto: ( AP/AFP/REUTERS)
Jakarta -

Virus Corona hingga saat ini masih menjadi perhatian dunia. Walaupun di negara asal virus tersebut, di China, pasien terinfeksi virus Corona sudah mulai mengalami penurunan, namun di beberapa negara lainnya, pasien terinfeksi virus Corona justru semakin bertambah. Oleh karena itu untuk mencegah penyebaran virus Corona, orang yang mengalami gejala terinfeksi Covid-19 itu diwajibkan segera mengunjungi dokter atau jika sedang merasa tidak enak badan maka sebaiknya beristirahat di rumah. Sayangnya tidak semua orang juga peduli dengan kesehatan orang lain dan betapa berbahayanya virus Corona tersebut.

Seperti dikutip dari World of Buzz, empat orang yang baru saja tiba di bandara Beijing Capital International Airport dikabarkan positif terjangkit Covid-19 atau virus Corona. Keempat orang tersebut baru saja kembali ke negaranya setelah melakukan perjalanan ke Italia. Yang menjadi masalah adalah dua dari empat orang tersebut ternyata telah mengalami gejala-gejala terjangkit Covid-19 sebelumnya.

Saking egois dan tidak ingin kehilangan penerbangan pulangnya, maka kedua orang tersebut memutuskan untuk meminum obat yang dapat menetralkan suhu tubuhnya. Kedua orang ini bernama Liao Moujun dan Liao Mouhai. Keduanya tiba di Beijing pada tanggal 4 Maret setelah melakukan perjalanan bisnis. Berdasarkan hasil investigasi, Moujun dan Mouhai merupakan dua orang bersaudara. Sebenarnya, baik Moujun maupun Mouhai sudah mengalami gejala terinfeksi, seperti batuk kering dan suhu tubuh yang tinggi sejak bulan Februari. Namun karena tidak ingin mengalami keterlambatan atau kerumitan saat menaiki pesawat maka keduanya memutuskan untuk minum obat demi menurunkan suhu tubuh mereka.

Karena keduanya sudah berbohong mengenai kondisi kesehatannya maka pihak kepolisian saat ini masih menyelidiki Moujun dan Mouhai untuk mencegah penyebaran virus berbahaya tersebut sesuai dengan hukum yang berlaku. Kedua saudara ini sangat berisiko untuk menularkan penyakitnya pada awak kabin, pegawai, atau orang-orang yang melakukan kontak langsung dengan mereka.

Menurut penuturan dari salah seorang pengacara di Tiongkok, sesuai dengan hukum pidana, hukuman bagi dua bersaudara itu bisa sangat berat. Dia mengatakan bahwa jika Moujun dan Mouhai dinyatakan bersalah maka mereka bisa dipenjarakan hingga tiga tahun lamanya. Dalam kasus yang lebih parah, mereka bahkan bisa dipenjara hingga tujuh tahun.

Setelah mendengar kasus ini, apa kalian masih ingin bermain-main dengan virus ini? Jika memang telah menunjukkan gejala-gejala terinfeksi maka jangan pernah bertindak egois seperti kedua bersaudara tersebut. Segeralah periksakan diri ke dokter jika memang dibutuhkan untuk mencegah semakin banyak orang yang terinfeksi.



Simak Video "Tahu Nggak Sih? Ini Daya Tahan Virus Corona di Berbagai Benda"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)