Cegah Penyebaran Virus Corona, Ini Etika Batuk dan Bersin di Tempat Umum

Hestianingsih - wolipop Selasa, 03 Mar 2020 06:30 WIB
Batuk Ilustrasi pria batuk. Foto: shutterstock
Jakarta -

Dua WNI positif virus Corona telah dikonfirmasi Presiden Jokowi dan Menteri Kesehatan dr. Terawan Agus Putranto. Virus Corona ditularkan lewat air liur dan selaput lendir, karena batuk atau bersin, ketika orang yang terpapar melakukan kontak langsung dengan orang lain.

Selain itu cara penularan virus Corona juga bisa terjadi jika seseorang menyentuh permukaan benda yang terpapar, lalu dia memegang mata, hidung, mulut atau bagian tubuh lainnya yang memiliki selaput lendir. Virus Corona menular paling cepat lewat air liur maka dari itu sangat penting untuk mengetahui tindak pencegahan agar tidak menyebar lebih luas.

Jika kamu sedang sakit flu, pilek atau batuk dan berada di tempat umum, amat penting menjaga etika agar tidak jadi 'agen penyebaran' virus Corona jenis baru COVID-9 maupun virus penyebab penyakit lainnya. Berikut cara menerapkan etika batuk dan bersin di tempat umum.


1. Tutup Mulut Saat Bersin/Batuk

Cegah Penyebaran Virus Corona, Ini Etika Batuk dan Bersin di Tempat Umum Foto: Shutterstock


Menutup mulut saat bersin atau batuk bisa mencegah penyebaran virus Corona ke orang lain. Tapi cara menutup mulut pun harus tepat. Kamu tidak bisa menutup mulut dengan telapak tangan telanjang karena jika setelahnya kamu menyentuh benda di tempat umum, benda tersebut akan ikut terpapar virus.

"Jika seseorang bersin ke telapak tangan, berpotensi membuat kuman-kuman berpindah ke orang lain, atau mengontaminasi objek-objek lainnya yang dia sentuh," kata Dr, Vincent Hill dari Centers for Disease Control and Prevention seperti dikutip dari NY Times.

2. Gunakan Tisu atau Sapu Tangan

Cegah Penyebaran Virus Corona, Ini Etika Batuk dan Bersin di Tempat Umum Foto: iStock


Saat bersin atau batuk di tempat umum, tutuplah mulut dengan tisu atau sapu tangan. Apabila tidak tersedia, tutupi dengan siku bagian dalam atau lengan baju bagian atas.

Disarankan agar bersin dengan menutupi mulut menggunakan siku bagian dalam. Semburan air liur akan mengenai siku, bukan telapak tangan. Kesadaran seperti ini akan mengurangi risiko penyebaran virus Corona.


3. Pakai Masker

Foto: iStock


Memakai masker saat sakit flu, pilek atau batuk adalah cara paling efektif dan tidak merepotkan saat kamu harus berada di tempat umum. Pilih masker dengan tiga lapisan untuk mencegah air liur menyebar saat batuk dan bersin. Ganti masker setiap hari untuk memastikan area mulut tetap higienis dan bebas kuman.

Itulah tiga etiket bersin dan batuk di tempat umum yang perlu kamu terapkan saat sakit. Meskipun belum, atau semoga tidak terpapar virus Corona, ada baiknya melakukan pencegahan dengan menjaga diri sendiri dan orang lain ketika sakit.



Simak Video "Intimate Wedding Jadi Tren Baru di Masa Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)