5 Minuman untuk Turunkan Berat Badan, Dikonsumsi Sebelum Tidur

Vina Oktiani - wolipop Selasa, 18 Feb 2020 21:08 WIB
ilustrasi diet Minuman yang Bisa Turunkan Berat Badan Saat Tidur / Foto: iStock
Jakarta -

Memiliki tubuh yang langsing dan proporsional dambaan banyak orang. Untuk memiliki bentuk tubuh yang indah pastinya dibutuhkan usaha dan proses. Bisa dengan rutin berolahraga dan menjaga pola makan. Selain itu, menurunkan berat badan juga bisa dengan tidur yang cukup.

Memiliki kualitas tidur yang baik dapat membantu menjaga berat badanmu agar tetap stabil. Agar dapat memiliki kualitas tidur yang baik dan berat badan stabil, kamu bisa mencoba lima minuman yang bisa turunkan berat badan saat tidur seperti dikutip darii The Sun.

1. Susu

5 Minuman yang Bisa Turunkan Berat Badan Saat TidurFoto: Thinkstock


Susu kaya akan kandungan kalsium dan tryptophan. Tryptophan adalah salah satu kandungan yang dapat mengobati gangguan tidur (insomnia), kecemasan, depresi, sindrom premenstruasi, dan lain-lain. Kandungan kalsium yang terdapat pada susu dapat membantu otak menggunakan amino acid trptophan untuk membuat zat melantonin. Zat melantonin tersebut yang terkenal cukup ampuh untuk mengobati insomnia. Selain itu, mengonsumsi banyak kalsium juga dapat membantu menyingkirkan lemak tubuh, terutama yang terdapat di daerah perut.

Menurut penelitian yang dilakukan pada 2010 oleh para peneliti dari University of Negev, Israel, mengonsumsi dua gelas susu setiap harinya dapat membantumu menurunkan berat badan. Penelitian ini menemukan bahwa orang dewasa yang meminum banyak susu, hampir dua gelas setiap harinya akan memperoleh kandungan vitamin D dan kalsium yang tinggi. Setelah dua tahun rutin melakukan tersebut, mereka juga bisa kehilangan berat rata-rata hingga 5,4 kg.

2. Teh Chamomile

5 Minuman yang Bisa Turunkan Berat Badan Saat TidurFoto: Getty Images


Teh Chamomile memang cukup terkenal untuk mengobati gangguan tidur. Selain itu, teh Chamomile ini juga memiliki kandungan yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan membantu menenangkan kejang otot. Teh Chamomile juga dapat membantu mencegah stres yang dapat berdampak pada berat badan yang dimiliki.

Teh Chamomile dapat membuat tubuhmu tetap terhidrasi dan hal ini sangat penting untuk membantu menurunkan berat badan. Terkadang karena tubuhmu merasa dehidrasi atau kehilangan sesuatu, bisa berupa makanan atau cairan, maka tubuh akan mengirimkan sinyal yang terkadang tidak bisa dibedakan, antara lapar atau haus. Kamu mungkin akan berpikir bahwa kamu lapar, padahal sebenarnya tubuhmu hanya kekurangan cairan. Oleh karena itu, mengonsumsi teh Chamomile setiap hari dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur dan membantu menurunkan berat badan.

3. Jus Anggur

5 Minuman yang Bisa Turunkan Berat Badan Saat TidurFoto: iStock


Cara menurunkan berat badan saat tidur yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi jus anggur murni. Meminum segelas kecil jus anggur murni sebelum tidur dipercaya dapat membantu membakar lemak tubuh saat tidur. Makan atau minum minuman yang memiliki kandungan karbohidrat sederhana seperti anggur dapat memicu sekresi insulin di malam hari. Insulin adalah hormon yang berperan mengatur ritme sirkadian tubuh selama 24 jam, mulai dari saat kita merasa mengantuk hingga saat sel-sel kekebalan tubuh sedang aktif-aktifnya.

Selain itu, anggur juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengubah kalori lemak putih menjadi pembakaran lemak coklat. Inilah mengapa cara menurunkan berat badan dengan minum jus anggur sebelum tidur cukup efektif dan bisa dijadikan rekomendasi bagi yang menginginkan tubuh lebih langsing.

4. Soy Protein Shake

5 Minuman yang Bisa Turunkan Berat Badan Saat TidurFoto: thinkstock


Soy protein shake atau susu protein kedelai yang biasanya banyak dikonsumsi oleh para atlet atau olahragawan ternyata dapat juga dijadikan sebagai salah satu cara menurunkan berat badan saat tidur. Hal ini karena kandungan kedelai pada susu protein memiliki banyak kandungan amino acid tryptophan. Seperti yang telah dijelaskan di atas, tryptophan dapat menurunkan kadar kortisol untuk membantu menghilangkan lemak pada tubuh.

Walaupun metabolisme pada tubuh akan melambat saat kita tidur, namun metabolisme akan tetap bekerja dan saat kamu mulai tidur, protein shake yang telah kamu minum akan dicerna dan diserap oleh tubuh. Cara menurunkan berat badan saat tidur dengan mengonsumsi soy protein shake ini bisa kamu lakukan setiap hari sebelum tidur jika menginginkan hasil yang maksimal.

5. Kefir

5 Minuman yang Bisa Turunkan Berat Badan Saat TidurFoto: Istock


Cara menurunkan berat badan yang terakhir saat tidur adalah dengan mengonsumsi susu kefir. Sama seperti yoghurt dan susu lainnya, kefir memiliki kandungan yang baik bagi tubuh. Kefir mengandung kalsium, protein, dan bakteri baik, seperti probiotik, yang dapat melawan peradangan serta membantu mengurangi kembung dan gangguan pencernaan. Mikroorganisme yang terkandung pada kefir dapat memerangi patogen dan meningkatkan jumlah bakteri baik bagi saluran pencernaan. Saluran pencernaan yang baik akan berdampak pada berat tubuh yang dimiliki.

Menurut sebuah penelitian pada Desember 2014 yang dipublikasikan dalam Journal of Environmental Research and Public Health, ketudakseimbangan mikroba dapat mempengaruhi kadar hormon ghrelin dan meningkatkan penyimpanan lemak. Oleh sebab itu, menjaga kelangsungan bakteri baik dengan mengonsumsi kefir sangat baik untuk menurunkan berat badan. Selain manfaat di atas, kefir juga dapat memperbaiki kualitas tidurmu.



Simak Video "Blush On Wardah, Membuat Wajah Cerah dan Segar"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)