Cara Mencuci Tangan yang Benar untuk Pencegahan Virus Corona

Eny Kartikawati - wolipop Senin, 27 Jan 2020 06:03 WIB
Cara mencuci tangan yang benar untuk pencegahan virus corona. Foto: Frieda Isyana Putri/detikcom
Jakarta -

Virus corona dari China sudah menyebar ke berbagai belahan dunia. Meskipun di Indonesia saat ini belum ada pasien yang dinyatakan terkena virus corona, tidak ada salahnya melakukan berbagai pencegahan.

Centers for Disease Control and Prevention atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat mengumumkan cara-cara terbaik untuk mencegah tertular virus corona. Ada tiga hal mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi virus corona:

1. Cuci tangan yang benar memakai sabun dan air. Lakukan cuci tangan setidaknya selama 20 detik.
2. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut menggunakan tangan yang belum dicuci.
3. Hindari kontak dengan orang yang sakit.

Cuci tangan yang benar memakai sabun berada di urutan pertama langkah pencegahan virus corona yang diungkapkan Centers for Disease Control and Prevention. Cuci tangan memang sangatlah penting agar kita selalu higienis dan mencegah risiko penularan kuman maupun bakteri penyebab penyakit. Selain melindungi diri sendiri, kebiasaan baik ini juga melindungi orang lain ketika bersalaman atau berpegangan tangan.



Sebagai langkah termudah untuk pencegahan virus corona, yuk lakukan cuci tangan yang benar. Berikut tujuh langkah mencuci tangan yang benar sesuai rekomendasi WHO:

1. Telapak tangan
Langkah pertama cuci tangan yang benar adalah mengambil sabun dan letakkan di atas telapak tangan. Kemudian basahi tangan dan gosok telapak tangan dengan sabun.

2. Telapak punggung tangan
Setelah telapak tangan, gosok pula telapak punggung tangan kanan dan kiri. Kamu harus memastikan bagian telapak punggung tangan ini juga terkena sabun.

3. Sela-sela jari
Langkah berikutnya dari cara mencuci tangan yang benar, bersihkan sela-sela jari dengan sabun. Lakukan dengan menggosok sela-sela jari tangan kanan dengan tangan kiri dan juga sebaliknya. Setelahnya satukan tangan dan gosok sela-sela jari dengan kedua tangan.

Cara Mencuci Tangan yang Benar untuk Pencegahan Virus CoronaFoto: Dok. WHO



4. Punggung jari
Setelah sela-sela jari, bersihkan punggung jari dengan gerakan saling mengunci. Manfaat dari gerakan ini untuk memastikan kuman benar-benar mati.


5. Jempol
Jangan lupakan untuk membersihkan jempol kanan dan kiri secara bergantian dengan gerakan digosok memutar. Jempol jadi perhatian karena ibu jari ini paling aktif beraktivitas.

6. Ujung jari
Cara mencuci tangan yang benar selanjutnya, bersihkan ujung jari atau bagian kuku dengan gerakan menguncup. Langkah ini bertujuan agar kuman yang menyelip di kuku dapat hilang.

7. Bilas
Langkah terakhir cuci tangan yang benar, bilas kedua tangan dengan air yang mengalir untuk memastikan semua sabun dan busa sudah hilang. Kemudian keringkan tangan.



Simak Video "Tahu Nggak Sih? Ini Daya Tahan Virus Corona di Berbagai Benda"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)