Dokter Kulit Ini Bantah Klaim Minum Air 8 Gelas Sehari Bisa Bikin Awet Muda

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 02 Okt 2019 05:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Memiliki kulit sehat, mulus, dan glowing menjadi idaman banyak wanita. Dan yang selama ini wanita dengar salah satu cara mendapatkan kulit sehat dan awet muda adalah dengan minum air putih minimal delapan gelas sehari.

Sederet selebriti cantik pun melakukan cara ini demi memiliki tampilan awet muda. Di antaranya adalah Jennifer Aniston dan Gabrielle Union yang pernah mengatakan bahwa rahasia dari tampilan kulit cerah mereka adalah dengan meminum banyak air putih.

Meminum air putih sesuai takaran yang dianjurkan memang sangat penting untuk kesehatanmu. Namun ternyata untuk memiliki kulit awet muda, minum air putih tidak benar-benar berdampak siginifikan.

Seperti dikutip dari The Healthy, revie dari Clinics in Dermatology menemukan hanya ada sedikit riset yang meneliti hubungan antara minum banyak air putih dengan kesehatan kulit. Penelitian yang dilakukan oleh University of Missouri-Columbia Study misalnya mengungkapkan meminum 500 ml air putih memang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit. Namun hal ini tidak ada hubungannya dengan kondisi penampilan kulit.

Dokter Kulit Ini Bantah Klaim Minum Air 8 Gelas Sehari Bisa Bikin Awet MudaFoto: shutterstock


"Lapisan luar kulit, sudut stratum dirancang untuk mencegah kehilangan air dari kulit ke bagian luar dan bertanggung jawab atas karakteristik 'kedap air' dari tubuh," kata Fayne L. Frey, MD, dokter spesialis kulit dan spesialis fungsi pertahanan kulit.

Dokter Fayne menambahkan memang ada penelitian yang menunjukkan bahwa meningkatkan asupan air dapat membuat kulit lebih terhidrasi. Namun sesungguhnya hal ini tidak berlaku bagi orang yang memiliki kondisi kulit yang normal. Karena menurut Fayne, penampilan kulit tergantung pada kemampuan kulit untuk menahan air.


"Pada orang sehat dengan ketebalan kulit normal, kelebihan air belum terbukti mencegah keriput, menghilangkan garis-garis halus, atau tanda penuaan lainnya," kata Dr. Frey.

Menurut Dr. Frey jika kamu menginginkan kulit yang sehat dan cerah maka yang harus dilakukan adalah perawatan kulit rutin, seperti dengan menggunakan krim pelembab yang bisa mencegah kulit dari kekeringan.

Tak hanya Dr. Frey, dokter kulit Joel Schlessinger juga mengatakan bahwa meminum banyak air putih tidak akan berpengaruh pada kondisi penampilan kulit, kecuali jika kamu benar-benar mengalami dehidrasi. Menurut Joel, kulit dapat terhidrasi dengan dua cara, yang pertama dari produksi minyak yang secara natural keluar dari kulit dan kedua dari penggunaan topikal, seperti krim, lotion, dan serum.


Saran lain diberikan Sonam Yadav, MD, direktur medis klinik Juverne. Menurutnya untuk mendapatkan kulit sehat cobalah melakukan diet perawatan kulit yang tepat dengan membatasi karbohidrat olahan dan banyak mengkonsumsi lemak sehat. Dengan melakukan kedua langkah tersebut dapat mengurangi penguapan air pada kulit.



Simak Video "Kisah Bule Cantik Kecanduan Tanning, Kulitnya Jadi Hitam Legam"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)