Nari Terlalu Ekstrem, Pelatih Fitnes Sebut Tubuh Personel BTS dalam 'Bahaya'

Hestianingsih - wolipop Senin, 02 Sep 2019 09:07 WIB
Foto: Kevin Winter/Getty Images for dcp Foto: Kevin Winter/Getty Images for dcp

Jakarta - Boyband K-pop BTS dikenal memiliki tarian dengan koreografi sulit dan menantang. Tidak jarang penampilan mereka menimbulkan decak kagum karena tingkat kesulitan yang belum tentu bisa ditiru semua orang.

Namun ada risiko di balik kecanggihan koreografi grup yang sukses memopulerkan lagu 'Idol' dan 'Boy With Luv' ini. Pelatih fitnes ternama In Ji Woong berpendapat kalau beberapa gerakan dansa yang ditampilkan para personel BTS bisa berakibat fatal.

Pria yang sudah jadi langganan para idol K-pop untuk melatih mereka fitnes ini mengungkapkan dalam channel YouTube miliknya, bahwa sejumlah koreografi BTS mungkin sedikit terlalu bahaya bagi RM, Suga, Jimin, J Hope, Jungkook, V dan Jin. Secara umum In Ji Woong melihat kalau koreografi tarian dalam lagu-lagu BTS sangat melelahkan para personelnya.

"Koreografi BTS sulit. Tidak bisa menyebut bagian mana yang benar-benar sulit, karena semua gerakannya susah dilakukan," kata Ji Woong dalam video YouTube-nya, seperti dilansir Koreaboo.

Tarian-tarian BTS menuntut mereka mengeluarkan banyak energi dan sebagian besar temponya cepat. Beberapa tarian juga mengharuskan tubuh mereka bergerak sefleksibel mungkin dengan tetap memerhatikan dentuman musik. Hal itulah yang menurut Ji Woong berpotensi besar membuat mereka mudah cedera.

Beberapa bagian tubuh yang paling riskan mengalami cedera antara lain lutut, pergelangan tangan, dan tulang belakang. Agar tidak cedera, Ji Woong menjelaskan, mereka tidak boleh melakukan kesalahan sedikit pun saat menari.
Tarian Terlalu Ekstrem, Pelatih Fitnes Sebut Personel BTS dalam 'Bahaya'BTS tampil di Billboard Music Awards 2019. Foto: Kevin Winter/Getty Images for dcp
"Bahkan kesalahan sekecil apapun saat menggerakkan atau menyeimbangkan bobot tubuh bisa mengakibatkan cedera tangan dan tulang belakang," tambahnya.

Meskipun para personel BTS sudah sering latihan dan melakukan gerakan-gerakan yang sama jutaan kali, Ji Woong menerangkan, risiko cedera itu tetap ada. Melakukan koreografi ekstrem setiap waktu bukan tidak mungkin bisa merusak tubuh mereka.

"Aku hanya bisa membayangkan rasa sakit yang harus dihadapi BTS sehari-harinya, setelah berlatih dan menampilkan tarian intens seperti itu setiap waktu. Mungkin mereka terus-terusan kesakitan," ujarnya.

Dia pun berpesan agar BTS mengambil waktu rehat sejenak dari rutinitas menari dan menyanyi sementara waktu. Seperti yang sedang mereka lakukan sekarang ini, yakni beristirahat dari aktivitas keartisan, dua bulan lamanya.

Simak Video "Pria Ini Habiskan Miliaran Rupiah Agar Mirip Jimin 'BTS' "
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)