Novak Djokovic Makan Rumput Usai Menang Wimbledon, Ini Dampaknya Bagi Perut

Hestianingsih - wolipop Senin, 15 Jul 2019 12:05 WIB
Novak Djokovic juara Wimbledon 2019. Foto: Clive Brunskill/Getty Images Novak Djokovic juara Wimbledon 2019. Foto: Clive Brunskill/Getty Images

London - Novak Djokovic melakukan selebrasi tak biasa setelah memenangkan final Wimbledon 2019, Minggu (14/7/2019). Berhasil mengalahkan Roger Federer lewat pertarungan 4 jam dan 55 menit, Novak merayakannya dengan makan rumput di tengah lapangan.

Aksi makan rumput petenis 32 tahun itu pun jadi viral, karena ia terlihat menikmati saat mengunyah tanaman hijau itu. Namun amankah jika manusia makan rumput mentah?

Seperti dikutip dari Health 24, rumput memang tidak beracun dan cenderung aman dikonsumsi. Tapi bukan berarti cocok dicerna tubuh manusia.


Novak Djokovic Makan Rumput Usai Menang Wimbledon, Ini Dampaknya Bagi PerutNovak Djokovic makan rumput usai menjuarai final Wimbledon 2019. Foto: Matthias Hangst/Getty Images

Perut manusia tidak dirancang untuk mencerna daun keras mentah ataupun rumput seperti sapi atau kerbau. Sebab tak seperti manusia, sapi adalah hewan pemamah biak dan memiliki empat bilik pada perutnya yang memungkinkan dia bisa mencerna rumput mentah.

Selain itu rumput mengandung silika yang bisa merusak gigi manusia. Hal ini berbeda dengan sapi, yang mulutnya bisa memproduksi saliva terus-menerus untuk melapisi enamel, sehingga silika tidak akan berdampak buruk pada gigi mereka.
Novak Djokovic Makan Rumput Usai Menang Wimbledon, Ini Dampaknya Bagi PerutKate Middleton memberikan piala kemenangan pada Novak Djokovic. Foto: Getty Images
Lantas apa yang terjadi jika manusia makan rumput?

Dikarenakan perut manusia tidak bisa mencerna rumput, maka hampir tidak ada nutrisi yang bisa diserap tubuh. Jadi memakannya adalah hal yang tak berguna.

Ditambah lagi, makan rumput bisa menyebabkan sakit perut yang memicu diare dan muntah-muntah sehingga memicu dehidrasi. Jadi sebaiknya tidak perlu meniru aksi Novak Djokovic yang makan rumput, ya!

Simak Video "Eksklusif! Maggie Hutauruk dan 2Madison Melenggang di New York"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)