Suka Ngemil Nastar? Tahu Nggak 3 Buah Nastar Setara dengan Sepiring Nasi

Eny Kartikawati - wolipop Sabtu, 01 Jun 2019 03:10 WIB
Kalori tiga potong nastar setara dengan sepiring nasi. Foto: Instagram Kalori tiga potong nastar setara dengan sepiring nasi. Foto: Instagram

Jakarta - Menjelang Lebaran, kue-kue kering mulai hadir di meja rumah. Nastar pun jadi salah satu kue favorit yang kerap jadi camilan setelah buka puasa. Kamu termasuk yang suka mencicipi nastar?

Ternyata kue kering dengan isian selai nanas ini termasuk dalam deretan makanan yang mengancam diet penurunan berat badan gagal. Karena dalam satu potong nastar mengandung kalori yang jumlahnya tak sedikit.

Dokter gizi Tirta Prawita Sari mengungkapkan bahwa mengonsumsi tiga buah kue nastar sama dengan sepiring nasi. "Nastar ada bermacam-macam tergantung bahan yang dipakai, tapi tiga nastar itu kurang lebih 120 sampai 140 kalori. Punya kalori yang sama dengan sepiring nasi," ujar Tirta dikutip dari Antara.

Namun porsi sepiring nasi ini berbeda-beda untuk setiap orang. Jenis kelamin dan usia ikut menentukan banyaknya nasi di dalam piring seseorang.



Kue putri salju.Kue putri salju. Foto: iStock


Hanya saja hal yang sama soal kandungan kalori dalam nastar ini juga diungkapkan Ika Setyani, Ahli Gizi dari MRCCC Siloam Hospital Semanggi. Ika mengatakan tiga buah nastar setara dengan kurang dari 100 gram nasi putih.

"Untuk 100 gram nasi itu mengandung 175 kkal," katanya seperti dikutip dari CNNIndonesia.com.

Selain nastar, kue kering lainnya yang juga jadi camilan favorit dan selalu ada di meja saat Lebaran adalah putri salju dan kastengels. Untuk kue putri salju, satu butirnya dengan berat enam gram mengandung 22,5 kalori. Sedangkan kastengels mengandung 20,3 kalori.


(eny/eny)