Nenek 55 Tahun Melahirkan Cucunya Sendiri, Alasannya Mengharukan

Eny Kartikawati - wolipop Selasa, 09 Apr 2019 17:41 WIB
Emma Miles melahirkan cucunya sendiri. Foto: Dok. This Morning Emma Miles melahirkan cucunya sendiri. Foto: Dok. This Morning

London - Bayi perempuan ini sungguh istimewa. Dia lahir dari kandungan neneknya sendiri yang melahirkannya di usia 55.

Emma Miles, demikian nama sang nenek, melahirkan cucunya sendiri yang berjenis kelamin perempuan pada 16 Januari 2019. Pada Senin (8/4/2019) kemarin, Emma dan putrinya alias ibu dari sang bayi, Tracey Smith, berbagi kisah unik mereka saat hadir menjadi bintang tamu acara televisi This Morning.

Emma dan Tracey merupakan ibu dan anak. Emma dengan sukarela bersedia menjadi surrogatte mother atau wanita yang rahimnya dipinjam demi Tracey yang menderita penyakit langka.

Tracey didiagnosa menderita sindrom Mayer-Rokitansky-Küster-Hauser (MRKH) saat usianya 16 tahun. Sindrom tersebut menyebabkan vagina, leher rahim (serviks), dan rahim seorang wanita tidak berkembang sebagaimana mestinya. Kondisi ini sungguh langka dialami satu dari 5.000 wanita di dunia dan belum dapat disembuhkan.



"Aku sudah menemui banyak dokter dan setelah pemeriksaan laparoskopi, mereka mengatakan padaku bahwa aku terlahir tidak memiliki rahim," ujarnya dalam tayangan This Morning.

Pada saat itu, sebagai ibu, Emma tentu saja sedih mengetahui putrinya menderita MRKH. Dia pun rela melakukan apapun untuk membantu sang anak. Dia pun kerap mengatakan pada Tracey, dirinya siap meminjamkan rahimnya untuk putrinya sendiri ketika anaknya itu ingin punya keturunan. Janji Emma akhirnya benar-benar ditepatinya 15 tahun kemudian.

Tracey mulai terpikir untuk menggunakan rahim ibunya setelah bertunangan dengan kekasihnya Adam pada 2016. Pada saat itu sebenarnya Adam sudah mencari tahu mengenai peminjaman rahim melalui sejumlah agensi yang terpercaya. Namun Tracey dan Adam tidak merasa menemukan orang yang tepat.

Emma Miles dan putrinya Tracey serta sang cucu yang baru dilahirkannya.Emma Miles dan putrinya Tracey serta sang cucu yang baru dilahirkannya. Foto: Dok. This Morning


"Aku kemudian ingat janji ibuku padaku. Jadi ketika kami bertemu lagi, aku bertanya padanya apakah dia benar mau mengandung bayiku. Aku sungguh bahagia saat dia bilang 'tentu saja aku mau.' Selama ini dia menungguku untuk meminta padanya," kisah Tracey.

Proses Emma untuk menjadi wanita yang rahimnya dipinjam anaknya sendiri dimulai saat wanita itu berusia 53 tahun. Meskipun dia sudah menopause, dokter menyatakan rahimnya dalam keadaan sehat. Dia hanya perlu menurunkan berat badannya hingga 38 kg agar sehat untuk hamil. Dia juga harus mendapat suntikan hormon.

Emma bersedia mengambil risiko hamil di usia lebih dari 35 tahun di antaranya pre-eclampsia, demi mengandung cucunya sendiri. "Aku akan melakukan apapun untuk anakku sendiri," begitu katanya.

Emma pun melahirkan cucunya dalam kondisi sehat pada 16 Januari 2019. Sang cucu yang dinamai Evie Sian Emma Smith lahir dengan berat 3,3 kg melalui operasi caesar.

"Aku tidak melihat diriku sebagai ibunya, aku melihat dia sebagai cucuku. Dan jika ditanya apakah aku mau melakukannya lagi, tentu aku mau," ujarnya.



Simak Juga 'Perjuangan Nenek Penjual Bunga Kenanga Wujudkan Mimpi Berhaji':

[Gambas:Video 20detik]

(eny/eny)