Pria 114 Tahun Ungkap 5 Makanan yang Membuatnya Panjang Umur

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 09 Mar 2019 16:58 WIB
Foto: Twitter Bernando LaPallo Foto: Twitter Bernando LaPallo

Jakarta - Hampir semua orang ingin diberi kesempatan untuk hidup lama tentu saja dengan kondisi tubuh yang prima. Satu-satunya cara untuk mengusahakan umur panjang adalah dengan menjaga kesehatan, termasuk dengan mengatur pola makan. Bukan rahasia jika makanan berpengaruh besar dalam kesehatan dan usia seseorang. Seorang pria yang hidup selama 114 tahun pun mengungkap sejumlah makanan yang menurutnya membantu memperpanjang usia. Berikut lima makanan yang membuatnya panjang umur:

1. Kayu Manis

Pria 114 Tahun Ungkap 5 Makanan yang Membuatnya Panjang UmurFoto: Foodbeast
Seorang pria bernama Bernando LaPallo hidup hingga 114 tahun. Meski sudah berpulang di tahun 2015, ia meninggalkan rahasia panjang usia dan awet muda. Ternyata salah satunya adalah dengan rutin mengonsumsi kayu manis. Dikatakan jika kayu manis dikenal punya fungsi mengobati. Dilansir Bright Side, makanan tersebut bisa mencegah kanker, penyakit hati, bakteri, dan infeksi jamur bahkan melawan virus HIV.

2. Cokelat
Pria 114 Tahun Ungkap 5 Makanan yang Membuatnya Panjang UmurFoto: iStock
Tak selalu buat gemuk, cokelat juga bisa membantu panjang umur. Cokelat dikatakan punya pengaruh positif pada kesehatan, mulai dari mengurangi tingkat kolesterol, penurunan kemampuan kognitif hingga stres. Namun hindari mengonsumsi cokelat dengan pemanis terlalu banyak yang justru bisa mengganggu kesehatan.

"Orang-orang bertanya padaku apa yang aku lakukan untuk tetap muda. Aku bilang, 'Kamu dengar perkataan lama, kamu adalah apa yang kamu makan'" ungkap LaPallo yang makan buah dan sayur organik di keseharian selama hidup.

3. Bawang Putih
Pria 114 Tahun Ungkap 5 Makanan yang Membuatnya Panjang UmurFoto: iStock
Bawang putih dikenal sebagai antibiotik natural. Selain itu, tampaknya bawang putih juga membuat Bernando LaPallo terhindar dari penyakit Alzheimer dan demensia. Begitu juga dengan risiko gagal jantung. Bawang putih pun terbukti bisa membantu detoks tubuh dan mencegah berbagai penyakit datang.

4. Madu
Pria 114 Tahun Ungkap 5 Makanan yang Membuatnya Panjang UmurFoto: Istock
Salah satu makanan yang harus ada dalam dapur Anda adalah madu. Selain bisa jadi pemanis alami, diketahui jika madu sudah menjadi obat yang digunakan lebih dari 5,000 tahun. Madu dikenal punya fungsi antiseptik, antioksidan, hingga antibakterial. Selain menyehatkan, madu juga dapat digunakan untuk mempercantik penampilan.

5. Minyak Zaitun
Pria 114 Tahun Ungkap 5 Makanan yang Membuatnya Panjang UmurFoto: iStock
Bernando LaPallo juga mengandalkan minyak zaitun di keseharian. Minyak ini dikenal kaya akan nutrisi yang bisa menyehatkan otak dan jantung. Selain itu, minyak zaitun juga dapat meningkatkan fungsi kognitif, kaya antioksidan, hingga bisa mencegah risiko diabetes dan kanker.

"Dia berkata padaku untuk tidak makan daging merah biasa. Dia berkata untuk menjauhi dari itu, hot dog, kentang goreng, dan semua hal lain, jangan makan itu," kata sang anak Bernando LaPallo.
(ami/ami)