Berkenalan dengan Para Wanita yang Bisa Mencicipi Rasa dari Nama Orang

Hestianingsih - wolipop Rabu, 06 Feb 2019 14:06 WIB
Ilustrasi wanita. Foto: Dok. Thinkstock Ilustrasi wanita. Foto: Dok. Thinkstock

Jakarta - Seorang wanita bernama Julie McDowall jadi viral di Twitter. Wanita dengan nama akun @JulieAmcDowall ini bercuit bahwa ia punya kemampuan 'merasakan' nama-nama orang.

Julie McDowall mengalami yang dinamakan sinestesia. Sebuah kondisi langka, di mana salah satu indra (penglihatan, sebagai contoh) seolah-olah bisa dipersepsikan oleh indra lainnya. Misalnya saja indra pengecap dan indra pendengar.

Artinya, seseorang dengan kondisi ini dapat mendengar suara dari warna oranye, atau mencium aroma nomor 10. Julie McDowall sendiri mengaku bisa 'merasakan' atau 'mengecap' nama-nama orang dan mendeskripsikannya menjadi berbagai macam rasa.

"I have synesthesia which means I can "taste" words. Ask me what your name tastes like," cuit Julie di akun Twitter, yang ia unggah beberapa waktu lalu.


Sinestesia sebenarnya masih belum terlalu dipercaya orang. Banyak dari mereka yang skeptis apakah kondisi tersebu benar-benar nyata.

Namun data sejarah menyebut pada 1690, seorang filsuf bernama John Locke, pernah menulis tentang pria buka yang dapat 'melihat' warna merah kapan pun ia mendengar suara terompet.

Dalam kasus Julie, ia mengaku bisa 'mengecap' rasa dari nama seseorang. Selebtwit dengan follower lebih dari 13 ribu ini pun menantang siapa pun untuk memberitahu nama mereka, dan Julie akan menyebutkan 'rasa' dari nama tersebut.

"Catherine adalah semacam roti yang dicelupkan ke dalam cokelat dan kopi," jawab Julie, saat salah satu netizen bertanya, seperti apa rasa dari namanya.

Sementara Katie, dipersepsikan Julie memiliki rasa seperti cake yang enak. Nama Barbara, dirasakannya seperti cincin plastik yang diberi warna. Nama Keith, terasa seperti permen karet rasa mint.

Ada pula nama-nama yang menurut Julie memiliki rasa yang aneh dan tidak enak. Seperti Duncan, Julie merasakannya seperti orang bersendawa setelah makan bacon asap yang renyah.

Julie mengaku hanya bisa mengecap nama-nama yang familiar di telinganya. Untuk nama yang terasa asing, wanita yang berprofesi sebagai penulis ini lebih sulit mendeskripsikan namanya.

"Aku kesulitan dengan nama yang tidak familiar bagiku. Tapi aku bisa merasakan nama 'Dal' sebagai mainan bebek karet yang dicelupkan ke cuka," tuturnya.

Julie McDowell bukan satu-satunya wanita dengan kondisi sinestesia. Seorang wanita dengan nama akun @francesweetman juga mengaku mengidap sinestesia yang bisa melihat huruf, nama, angka dan kata-kata dalam warna.

"Aku melihat warna ketika membaca teks. Coba tanyakan apa warna dari nama kamu!" cuit Frances di Twitter.

Seorang netizen bernama Alan Lockley pun menanyakan warna dari namanya. Frances kemudian menjawab namanya berwarna putih dan hitam. Ada pula netizen bernama Jack Knight, yang menurut Frances warna namanya adalah ungu dengan sedikit sentuhan oranye.
(hst/hst)