4 Cara Agar Pamer Foto Jadul 10 Years Challenge Bikin Kamu Jadi Lebih Baik

Hestianingsih - wolipop Kamis, 17 Jan 2019 15:07 WIB
Ilustrasi 10 Year Challenge. Foto: istock Ilustrasi 10 Year Challenge. Foto: istock

Jakarta - Tren #10YearsChallenge di Instagram jadi fenomena tersendiri di dunia media sosial. Pakar linguistik menyebut bahwa tantangan mem-posting foto dari 10 tahun lalu dan masa kini bisa membangkitkan nostalgia yang berdampak positif terhadap kesehatan mental.

Namun di sisi lain juga bisa menimbulkan efek negatif, apabila postingan tersebut justru membawa rasa penyesalan dan rendah diri. Yakni ketika netizen merasa masa dulu justru lebih baik dibandingkan masa sekarang.

"Ada kondisi yang dinamakan bias positif, yang membuat kita mengingat hal-hal positif di masa lalu, dan membuat kita merasa lebih buruk di masa sekarang," kata Hal McDonald, Ph.D., seorang profesor dari Mars Hill University, seperti dikutip dari Thrive Global.

Dunia internet memang selalu memiliki sisi baik dan buruk terhadap berbagai hal. Untuk itu Hal memberi tips bagaimana tren #10YearsChallenge bisa membawa dampak positif bagi pengembangan diri.


1. Jadikan Foto Kenangan Sebagai Pemicu untuk Capai Tujuan Masa Depan
Mem-posting kenangan bahagia dari 10 tahun lalu bisa membawa kembali ke momen di mana kita merasa lebih lengkap, sehat dan bahagia. Maka jadikan #10YearChallenge sebagai pemicu untuk mendapatkan perasaan seperti itu lagi di masa kini.

"Ingatlah bahwa hal-hal baik yang terjadi di masa lalu bisa terjadi lagi di masa depan," kata Hal McDonald.

2. Bernostalgia untuk Merasa Lebih Sehat
Dalam hasil studi yang ditulis ilmuan Clay Routledge, para peneliti menemukan bahwa bernostalgia ke masa SMA bisa membantu orang dewasa merasa lebih muda. Mereka yang merasa lebih muda setelah melihat foto-foto dari zaman SMA juga jadi lebih percaya diri dengan kemampuan fisiknya, dan lebih optimis tentang kesehatan fisik maupun mental mereka di masa depan.


3. Jalin Silaturahmi dengan Kawan Lama
Melihat foto dari 10 tahun lalu tidak hanya akan membuat Anda kembali mengingat momen, tapi juga orang-orang yang ada dalam kenangan tersebut. Ikut tren #10YearsChallenge bisa berfungsi sebagai pengingat untuk menjalin kembali silaturahmi yang telah terputus.

"Nostalgia akan membuat kita merasa kesepian, tapi juga bisa bertindak sebagai penghubung sosial," kata Hal.

4. Fokus Pada Pencapaian, Bukan Kegagalan
"Tak apa jika Anda memiliki banyak kenangan indah dan ingin mengenangnya, tapi menyadari apa saja yang sudah Anda capai sejak masa itu adalah bagian paling penting," pungkas Hal.
(hst/hst)