Mengenal Diet Keto yang Bantu Dian Pelangi Turun Berat Badan 12 Kg

Hestianingsih - wolipop Kamis, 13 Des 2018 18:38 WIB
Dian Pelangi diet keto dan berhasil turun berat badan 12 kg. Foto: Instagram/DianPelangi Dian Pelangi diet keto dan berhasil turun berat badan 12 kg. Foto: Instagram/DianPelangi

Jakarta - Desainer Dian Pelangi sukses turun berat badan 12 kg dengan olahraga intens. Selain itu dia juga mengaku diet keto yang membantu menurunkan bobotnya dengan lebih efektif.

"Aku diet keto dibarengi dengan olahraga. Seminggu bisa turun 3-4 kg," tutur Dian Pelangi saat berbincang dengan Wolipop di Kokonut & Curtains, Jakarta Pusat, Rabu (12/12/2018).

Seperti apa diet keto yang dijalani Dian Pelangi? Apakah benar efektif menurunkan berat badan dengan cepat?


Mengenal Diet Keto yang Bantu Dian Pelangi Turun Berat Badan 12 KgDian Pelangi diet keto untuk turunkan berat badan. Foto: Instagram/DianPelangi

Diet keto merupakan kependekan dari diet ketogenic. Konsep dari diet ini adalah membatasi konsumsi karbohidrat seminimal mungkin dan meningkatkan asupan karbohidrat serta lemak.

Menurut nutritionist Scott Keatley, R.D., asupan lemak akan diolah tubuh menjadi energi, sehingga bisa menggantikan karbohidrat sebagai sumber tenaga. Saat diet keto, 60 sampai 75 persen kalori berasal dari lemak dan 15 hingga 30 kalori datang dari protein. Sisanya yakni 5 hingga 10 persen berasal dari karbohidrat.

Dua hingga tujuh hari pertama diet keto, pediet akan mengalami fase yang dinamakan ketosis, kondisi di mana tubuh tidak memiliki cukup karbohidrat untuk digunakan sebagai energi bagi sel-sel. Dalam kondisi tersebut, tubuh akan beradaptasi membentuk ketone, senyawa organik yang dimanfaatkan tubuh sebagai pengganti karbohidrat yang hilang.
Mengenal Diet Keto yang Bantu Dian Pelangi Turun Berat Badan 12 KgDiet keto dilakukan dengan cara meningkatkan asupan protein dan lemak serta mengurangi karbohidrat. Foto: Thinkstock

Selain itu tubuh juga akan membakar lemak untuk mendapatkan tambahan energi, agar sel-sel bisa bekerja dengan normal kembali.

"Mekanismenya mengandalkan pemecahan lemak yang biasanya timbul saat puasa atau kelaparan, sehingga lemak menjadi sumber energi utama, bukan karbohidrat," jelas ahli gizi dan diet dari University of Sydney, Leona Victoria Djajadi MND, seperti dikutip dari detikHealth.

Sumber protein biasanya didapat dari daging hewani, telur, atau jantung hewani. Sementara lemak didapatkan dari konsumsi minyak zaitun, minyak sayur, alpukat, santan dan minyak canola.



Tonton juga 'Tips Langsingkan Tubuh dengan Yoghurt':

[Gambas:Video 20detik]

Mengenal Diet Keto yang Bantu Dian Pelangi Turun Berat Badan 12 Kg

(hst/hst)