ADVERTISEMENT

Bahaya Tungau, Hewan Transparan yang Bisa Bikin Eksim Hingga Sesak Nafas

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 15 Des 2016 18:04 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Selain mengatur pola makan dan rutin olahraga, menjaga kebersihan seharusnya menjadi salah satu aspek gaya hidup sehat. Sayangnya hal ini kadang terlupakan atau kurang diperhatikan secara maksimal. Meski sudah terlihat bersih hingga mengilap ternyata bukan berarti Anda dan keluarga bebas dari bahaya. Sejenis microspider bernama tungau patut diwaspadai karena dapat memicu alergi kulit hingga sesak nafas.

Tungau adalah microspider transparan yang memakan sel kulit mati manusia dan debu organik. Hewan itu sebenarnya tidak berbahaya namun kotorannya bisa menjadi pemicu atopi atau alergi. Biasanya tungau ditemukan pada soft furniture, seperti kasur, karpet, atau sofa dan tempat yang lembap.

"Matras kemungkinan menjadi bagian rumah yang paling kotor. Padahal biasanya orang lebih memperhatikan lantai atau toilet. Apalagi kadang kasur tidak diganti selama bertahun-tahun. Begitu juga dengan karpet. Perlu komitmen untuk membersihkannya karena karpet bisa menyerap debu dan tungau. Penting dibersihkan karena anak-anak sering bermain di sana," kata Pratiwi Halim selaku Co-Founder HydorClean Indonesia di Veranda Hotel at Pakubuwono, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis, (15/16/2016).

Untuk itu, bila Anda sering merasa gatal atau sesak nafas tanpa sebab yang jelas, coba periksalah kondisi kasur atau sofa Anda. Pada orang-orang yang sensitif, tungau bisa menyebabkan rinitis, dermatitis, hingga asma. Jika dibiarkan tentu binatang kecil tersebut bisa menggangu kesehatan.

"Yang biasanya terpengaruh tungau biasanya sudah punya asma. Kalau berat bisa fatal karena tertutupnya saluran pernapasan. Kulit yang rusak juga bisa tidak sembuh seperti normal. Kalau infeksi bisa menyebabkan demam," ungkap dr. Litya Ayu Kanya Anindya, SpKK dalam acara yang sama.

Untuk mengedukasi dan memberi solusi kesehatan untuk masyarakat, HydroClean menyediakan jasa sedot debu dan tungau. Layanan tersebut memungkinkan Anda punya kasur, sofa, karpet, hingga gorden yang lebih bersih dengan sistem hydroalergenic-nya yang bisa menyerap 99% hewan dan kotoran pencetus alergi. Dilengkapi dengan air purifier yang menggunakan organic essential oil sehingga aman bagi bayi baru lahir.

"Ini idealnya dilakukan satu bulan sekali. Apalagi negera kita panas dan banyak debu. Tungau seperti debu jadi saat sudah dibersihkan akan ada lagi jadi butuh rutinitas," kata Pratiwi. (ami/ami)