Tak Hanya untuk Kesehatan, Magnesium juga Bermanfaat untuk Kecantikan

Intan Kemala Sari - wolipop Kamis, 14 Jul 2016 08:48 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Magnesium merupakan mineral yang penting untuk kesehatan, karena sekitar 50 persen dari total magnesium tubuh disimpan di dalam tulang. Magnesium diperlukan untuk menjaga kekuatan tulang, otot, saraf, serta menjaga irama detak jantung dan membantu mengatur kadar gula darah.

Dikatakan oleh ahli gizi sekaligus penulis 'The Magnesium Miracle' Carolyn Dean, magnesium membantu untuk mencerna makanan, menghilangkan migren, dan membuat hati menjadi sehat. Tetapi sayangnya, hampir 80 persen orang-orang di dunia justru kekurangan magnesium. Padahal, magnesium pun juga memiliki manfaat untuk kecantikan.

Seperti yang dituturkan oleh dokter kulit asal Amerika Dendy Engelman, magnesium bermanfaat untuk perawatan kulit secara keseluruhan. "Magnesium membantu mengurangi jerawat dan masalah kulit lainnya dengan cara mengurangi kadar homon kortison, menstabilkan ketidakseimbangan hormon, dan meningkatkan proses pertumbuhan sel," jelas dr. Dendy seperti dikutip dari Allure.

Facialist holistik Emilee Wilson mengatakan bahwa magnesium memiliki manfaat yang dapat meredakan iritasi pada kulit pasiennya yang sensitif. Banyak pasiennya yang datang dengan wajah kemerahan atau bintik-bintik merah dan bisa diatasi dengan mengoleskan magnesium.

Pertama-tama, ia membersihkan wajah pasiennya, mengangkat kulit mati, dan melakukan ekstraksi wajah sebelum menggunakan magnesium gel untuk penyerapan yang maksimal. "Aku menggunakan magnesium gel untuk memijat wajah pasienku. Kuncinya adalah mendiamkan wajah untuk waktu yang lama agar penyerapannya lebih efektif.

Emilee mengatakan bahwa magnesium gel juga bisa digunakan sebagai highlighter. "Kandungan mica di dalamnya memberikan cahaya yang terlihat alami, jadi aku menggunakannya di tulang pipi dan tulang leher agar kulit memancarkan rona alami," tutupnya. (int/ays)